PENGARUH PERSEPSI CUSTOMER TERHADAP PELAYANAN GERAI ES TEH INDONESIA DAN IMPLIKASI TERHADAP CITRA BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v11i2.7517Kata Kunci:
Persepsi customer, Citra, Kualitas pelayananAbstrak
Citra bisnis yang positif merupakan aset berharga dalam persaingan industri makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi customer terhadap pelayanan yang diberikan oleh Gerai Es Teh Indonesia terhadap citra bisnis mereka. Studi ini melibatkan 110 responden pelanggan yang secara acak dipilih di Gerai Es Teh Indonesia yang berlokasi di Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui survei yang mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap berbagai aspek pelayanan, seperti kecepatan, kebersihan, keramahan staf, dan kualitas produk. Analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh persepsi pelanggan terhadap citra bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap pelayanan Gerai Es Teh Indonesia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra bisnis. Pelayanan yang efisien, keramahan, dan kualitas produk yang baik meningkatkan citra bisnis yang positif. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya Gerai Es Teh Indonesia dalam memperhatikan dan meningkatkan pelayanan mereka untuk membangun citra bisnis yang kuat dan memenangkan persaingan pasar.Referensi
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai
Metode Pengumpulan Data pada Riset
Kuantitatif: Sebuah Literature Review.
Journal of Psychological Perspective,
(2), 79–89.
https://doi.org/10.47679/jopp.022.1220
Awatara, I. G. P. D., Samsi, S., Hamdani,
A., & Susila, L. N. (2020). The
Influence of Corporate Social
Responsibility, Reputation and
Customer Satisfaction Toward Tourism
Loyalty on Karanganyar Regency.
Journal of International Conference
Proceedings, 3(1), 291–296.
https://doi.org/10.32535/jicp.v2i4.852
Brown, K., & Jones, M. (2013). Customer
Perception of Service Quality and Its
Effect on Customer Satisfaction and
Behavioral Intentions: A Study in the
Hotel Industry. International Journal of
Hospitality Management, 32.
Faizah, G. N., & Astuti, M. (2022). The
Influence of Price, Service Quality and
Brand Image on Consumer Satisfaction
in Restaurants. Indonesian Journal of
Law and Economics Review, 17(02),
–507.
https://doi.org/10.21070/ijler.v17i0.829
Husain, R., Ahmad, A., & Khan, B. M.
(2022). The impact of brand equity,
status consumption, and brand trust on
purchase intention of luxury brands.
Cogent Business and Management,
(1).
https://doi.org/10.1080/23311975.2022.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media
Sosial Instagram Sebagai Sarana
Promosi Untuk Meningkatkan Minat
Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan,
(01), 25–32.
https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2022).
Pengaruh kualitas layanan dan harga
terhadap minat beli ulang. Jurnal
Manajemen, 13(4), 654–661.
https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.1
Nuwayyar, J. H., Kusuma Wardhani, A. D.,
Zafira Wulansari, R. F., & Claretta, D.
(2022). Persepsi Konsumen Pada
Somasi Esteh Indonesia. Socia Logic,
(2), 1–13.
Smith, J., & Johnson, A. (2017). The Impact
of Customer Perception on Service
Quality and Its Implications on
Business Image: A Study on the
Restaurant Industry. Journal of
Business and Hospitality Management,
(2)
Witama, A., & Keni, K. (2020). The Impact
of Brand Image, Perceived Price and
Service Quality Toward Customer
Satisfaction. 439(Ticash 2019), 316–
https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515
.057
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.