PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA RESILIENSI PELAKU UMKM SELAMA MASA PANDEMI HINGGA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus UMKM di Kelurahan Gondrong, Kota Tangerang)PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA RESILIENSI PELAKU UMKM SELAMA MASA PANDEMI HINGGA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus UMKM di Kelurahan Gondrong, Kota Tangerang)
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v12i2.7537Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Resiliensi, UMKM, COVID-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal terhadap ketahanan pelaku UMKM pada masa pandemi hingga pasca pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penetrasi sosial. Narasumber penelitian ini adalah 5 (lima) pelaku UMKM yang tinggal dan menjalankan usahanya di Kelurahan Gondrong Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjadi antara pelaku UMKM dengan masyarakat disekitarnya khususnya konsumen ibarat lapisan bawang. Bentuk hubungan tersebut terbagi menjadi fase awal (fase orientasi), fase eksplorasi, fase pertukaran emosi, dan fase pertukaran stabil.
References
Artikel dari internet :
Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi. (2021). Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/info-sektoral/15/357/berita-dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi#:~:text=Hasil survey dari beberapa lembaga,diantaranya sampai harus melakukan PHK.
Jurnal :
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Fitriani, A. (2015). Penetrasi Sosial dalam Pernikahan Beda Budaya. Jurnal Al-Adyan, 10.
Hutapea, C. N. (2020). Komunikasi Interpersonal dan Kinerja Usaha Kecil Menengah di Palangka Raya; Berbagi Pengetahuan sebagai Mediasi (Vol. 11, Issue 3).
Artikel dari internet :
Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi. (2021). Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/info-sektoral/15/357/berita-dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi#:~:text=Hasil survey dari beberapa lembaga,diantaranya sampai harus melakukan PHK.
Jurnal :
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Fitriani, A. (2015). Penetrasi Sosial dalam Pernikahan Beda Budaya. Jurnal Al-Adyan, 10.
Hutapea, C. N. (2020). Komunikasi Interpersonal dan Kinerja Usaha Kecil Menengah di Palangka Raya; Berbagi Pengetahuan sebagai Mediasi (Vol. 11, Issue 3).
Miawaty, F. (2021). MENGUNGKAP DAMPAK COVID-19 PADA UMKM SEKTOR KULINER (Studi Kasus: UMKM Kuliner Di Wilayah Rawamangun).
Rahman, I. A., & Panuju, R. (n.d.). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FAIR N PINK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: Vol. Direview.
Sanjaya, R. (2022, July 7). Apa Itu Teori Penetrasi Sosial dalam Komunikasi Interpersonal? Tirto.Id. https://tirto.id/apa-itu-teori-penetrasi-sosial-dalam-komunikasi-interpersonal-gtEW
Widita, A. (2022, June 29). Social Penetration Theory (Teori Penetrasi Sosial) dalam Konteks Public Relations (1). Binus University Web. https://binus.ac.id/malang/public-relations/2022/06/29/social-penetration-theory-teori-penetrasi-sosial-dalam-konteks-public-relations-i/#:~:text=Social%20Penetration%20Theory%20(SPT)%20atau,ke%20komunikasi%20yang%20lebih%20intim.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.