PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA RESILIENSI PELAKU UMKM SELAMA MASA PANDEMI HINGGA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus UMKM di Kelurahan Gondrong, Kota Tangerang)PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA RESILIENSI PELAKU UMKM SELAMA MASA PANDEMI HINGGA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus UMKM di Kelurahan Gondrong, Kota Tangerang)

Riski Riani Nurrohimah, Lina Wati Wati, Alamsyah Alamsyah Alamsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal terhadap ketahanan pelaku UMKM pada masa pandemi hingga pasca pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penetrasi sosial. Narasumber penelitian ini adalah 5 (lima) pelaku UMKM yang tinggal dan menjalankan usahanya di Kelurahan Gondrong Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjadi antara pelaku UMKM dengan masyarakat disekitarnya khususnya konsumen ibarat lapisan bawang. Bentuk hubungan tersebut terbagi menjadi fase awal (fase orientasi), fase eksplorasi, fase pertukaran emosi, dan fase pertukaran stabil.

 


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Resiliensi, UMKM, COVID-19

References


Artikel dari internet :

Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi. (2021). Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/info-sektoral/15/357/berita-dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi#:~:text=Hasil survey dari beberapa lembaga,diantaranya sampai harus melakukan PHK.

Jurnal :

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Fitriani, A. (2015). Penetrasi Sosial dalam Pernikahan Beda Budaya. Jurnal Al-Adyan, 10.

Hutapea, C. N. (2020). Komunikasi Interpersonal dan Kinerja Usaha Kecil Menengah di Palangka Raya; Berbagi Pengetahuan sebagai Mediasi (Vol. 11, Issue 3).

Artikel dari internet :

Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi. (2021). Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/info-sektoral/15/357/berita-dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi#:~:text=Hasil survey dari beberapa lembaga,diantaranya sampai harus melakukan PHK.

Jurnal :

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Fitriani, A. (2015). Penetrasi Sosial dalam Pernikahan Beda Budaya. Jurnal Al-Adyan, 10.

Hutapea, C. N. (2020). Komunikasi Interpersonal dan Kinerja Usaha Kecil Menengah di Palangka Raya; Berbagi Pengetahuan sebagai Mediasi (Vol. 11, Issue 3).

Miawaty, F. (2021). MENGUNGKAP DAMPAK COVID-19 PADA UMKM SEKTOR KULINER (Studi Kasus: UMKM Kuliner Di Wilayah Rawamangun).

Rahman, I. A., & Panuju, R. (n.d.). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FAIR N PINK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: Vol. Direview.

Sanjaya, R. (2022, July 7). Apa Itu Teori Penetrasi Sosial dalam Komunikasi Interpersonal? Tirto.Id. https://tirto.id/apa-itu-teori-penetrasi-sosial-dalam-komunikasi-interpersonal-gtEW

Widita, A. (2022, June 29). Social Penetration Theory (Teori Penetrasi Sosial) dalam Konteks Public Relations (1). Binus University Web. https://binus.ac.id/malang/public-relations/2022/06/29/social-penetration-theory-teori-penetrasi-sosial-dalam-konteks-public-relations-i/#:~:text=Social%20Penetration%20Theory%20(SPT)%20atau,ke%20komunikasi%20yang%20lebih%20intim.




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v12i2.7537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id