STRATEGI MANAJEMEN EVENT MARKETING DALAM MEMPROMOSI BATIK BONO PELALAWAN

Hevi Susanti, Ririn Ratu Sari

Abstract


Riau adalah salah satu provinsi yang kaya akan produk-produk yang di hasilkan oleh masyarakatnya contohnya adalah batik, kuliner khas dan makanan khas sangat beraneka ragam. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan produk-produk ini berasal dari kabupaten-kabupaten yang ada di riau contohnya saja batik bono, batik ini berasal dari kabupaten pelalawan. Motif Batik Bono, Acacia, Eucalyptus, Lakum, dan Timun Suri semuanya telah dipatenkan dan telah menjadi simbol daerah. Motifnya terinspirasi oleh gelombang Bono yang terkenal di dunia di Sungai Kampar; kata “acacia” dan “eucalyptus” berasal dari nama pohon yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan kertas di PT RAPP; kata "timun suri" dan "lakum" berasal dari nama sayuran yang dinikmati masyarakat melayu Pelalawan. Rumah Batik Andalan dan Kelompok Bina Lingkungan PT RAPP membuat barang Batik Bono ini. Batik Bono dikonsep oleh Rumah Batik Andalan dan Community Development PT RAPP. Sebagai upaya untuk menyebarkan kesadaran akan Batik Bono secara internasional, perusahaan membuat barang-barang suvenir yang diberikan sebagai hadiah kepada karyawan dengan penempatan di luar negeri. Penelitian ini bersifat kualitatif, dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, meringkas, atau mengemukakan berbagai kondisi, situasi, atau fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat dan sedang terjadi. Hasil yang di dapatkan pada penelitian ini adalah promosi melalui event marketing, namun kurang berhasil karena jarang dan ketersediaan event yang terbatas. Untuk mempromosikan Batik Bono Pelalawan digunakan segmentation, targeting, and positioning (STP). Untuk menjual produk atau layanan secara efektif, seseorang harus terlebih dahulu mengidentifikasi segmentasi, penargetan, dan pemosisian (STP) mereka. Tujuan dari segmentasi, targeting, dan positioning adalah untuk memastikan bahwa bisnis yang dijalankan dapat beroperasi dengan sukses dan efisien tanpa menemui hambatan yang berarti.

Keywords


Batik Bono Pelalawan, Manajemen Event, Promosi.

References


Fauziyah, S. (2015). Perbandingan

Peningkatan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis antar Siswa yang

Memperoleh Pembelajaran Model

Contextual Teaching Learning (CTL)

dan Model Problem BasedLearning

(PBL). Unpas Bandung.

Harahap (2018), Analisis Kritis atas Laporan

keuangan. Edisi ke-14. Jakarta,

Rajawali Pers.

Hariyanto, Eri. 2019. “Komunikasi Publik Di

Era Industri 4.0Pelajaran dari strategi

Pemerintah Utang Utang Kepada

Masyarakat. Jakarta: Julian Bukumu.

Kotller dan Keller. 2009. Managemen

Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke13.Jakarta:Erlangga.Pp 87- 93.

Kotler, Philipp & Keller, K Lane. 2008.

Manajemen Pemasaran Jilid 1.

Jakarta: Erlangga

Lasmadiarta, M. 2011. Extreme Facebook

Marketing for Giant Profits. Jakarta:

Elec Media Komputindo.

Moleong, Lexy. (2005). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Morissan, MA. 2010. Periklanan dan

Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Jakarta: Kencana

Morissan, Kencana 2010, Periklanan:

Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Prenadamedia Group, Jakarta.

Skripsi:

Dellamita, M. 2014. “Penerapan Personal

Selling (Penjualan Pribadi) Untuk

Meningkatkan Penjualan (Studi Pada

Pt Adira Quantum Multifinance Point

Of Sales (Pos) Dieng Computer

Square Malang).” Jurnal

Administrasi Bisnis S1 Universitas

Brawijaya 9 (2): 81391.

Deskriptif, Penelitian, Kualitatif Strategi, and

Komunikasi Pemasaran. 2015.

“Paper Jurnal Online Strategi

Komunikasi Pemasaran.”

Dr. Vladimir, Vega Falcon. 1967. “済無No

Title No Title No Title.” Gastronomía

Ecuatoriana y Turismo Local. 1 (69):

–24.

Fabiana Meijon Fadul. 2019. “済無No Title

No Title No Title,” 11–25.

Hafiar, Hanny, Syauqy Lukman, Arif

Ardiyanto, Swastha Basu, Irawan,

Giusepe Mussardo, A Konteks

Penelitian, and Giusepe Mussardo.

“済無No Title No Title.”

Statistical Field Theor 53 (9): 1689–

Hakim, Lutfi Maulana. 2018. “Batik Sebagai

Warisan Budaya Bangsa Dan Nation




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v11i2.7518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id