PENGARUH PERSEPSI CUSTOMER TERHADAP PELAYANAN GERAI ES TEH INDONESIA DAN IMPLIKASI TERHADAP CITRA BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v11i2.7517Keywords:
Persepsi customer, Citra, Kualitas pelayananAbstract
Citra bisnis yang positif merupakan aset berharga dalam persaingan industri makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi customer terhadap pelayanan yang diberikan oleh Gerai Es Teh Indonesia terhadap citra bisnis mereka. Studi ini melibatkan 110 responden pelanggan yang secara acak dipilih di Gerai Es Teh Indonesia yang berlokasi di Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui survei yang mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap berbagai aspek pelayanan, seperti kecepatan, kebersihan, keramahan staf, dan kualitas produk. Analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh persepsi pelanggan terhadap citra bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap pelayanan Gerai Es Teh Indonesia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra bisnis. Pelayanan yang efisien, keramahan, dan kualitas produk yang baik meningkatkan citra bisnis yang positif. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya Gerai Es Teh Indonesia dalam memperhatikan dan meningkatkan pelayanan mereka untuk membangun citra bisnis yang kuat dan memenangkan persaingan pasarReferences
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai
Metode Pengumpulan Data pada Riset
Kuantitatif: Sebuah Literature Review.
Journal of Psychological Perspective,
(2), 79–89.
https://doi.org/10.47679/jopp.022.1220
Awatara, I. G. P. D., Samsi, S., Hamdani,
A., & Susila, L. N. (2020). The
Influence of Corporate Social
Responsibility, Reputation and
Customer Satisfaction Toward Tourism
Loyalty on Karanganyar Regency.
Journal of International Conference
Proceedings, 3(1), 291–296.
https://doi.org/10.32535/jicp.v2i4.852
Brown, K., & Jones, M. (2013). Customer
Perception of Service Quality and Its
Effect on Customer Satisfaction and
Behavioral Intentions: A Study in the
Hotel Industry. International Journal of
Hospitality Management, 32.
Faizah, G. N., & Astuti, M. (2022). The
Influence of Price, Service Quality and
Brand Image on Consumer Satisfaction
in Restaurants. Indonesian Journal of
Law and Economics Review, 17(02),
–507.
https://doi.org/10.21070/ijler.v17i0.829
Husain, R., Ahmad, A., & Khan, B. M.
(2022). The impact of brand equity,
status consumption, and brand trust on
purchase intention of luxury brands.
Cogent Business and Management,
(1).
https://doi.org/10.1080/23311975.2022.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media
Sosial Instagram Sebagai Sarana
Promosi Untuk Meningkatkan Minat
Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan,
(01), 25–32.
https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2022).
Pengaruh kualitas layanan dan harga
terhadap minat beli ulang. Jurnal
Manajemen, 13(4), 654–661.
https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.1
Nuwayyar, J. H., Kusuma Wardhani, A. D.,
Zafira Wulansari, R. F., & Claretta, D.
(2022). Persepsi Konsumen Pada
Somasi Esteh Indonesia. Socia Logic,
(2), 1–13.
Smith, J., & Johnson, A. (2017). The Impact
of Customer Perception on Service
Quality and Its Implications on
Business Image: A Study on the
Restaurant Industry. Journal of
Business and Hospitality Management,
(2)
Witama, A., & Keni, K. (2020). The Impact
of Brand Image, Perceived Price and
Service Quality Toward Customer
Satisfaction. 439(Ticash 2019), 316–
https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515
.057
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.