Pola Komunikasi Buzzer menyikapi kebijakan pemerintah menaikan harga BBM 2022

Femi Lovitha Deya Monicyara, Kharisa Alifia Putri, Sabri Sabri Sabri

Abstract


Perkembangan teknologi membawa fenomena baru yaitu buzzer. Buzzer digunakan untuk membuat sebuah topik yang hangat diperbincangkan di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola komunikasi buzzer dalam menyikapi kenaikan BBM 2022. Riset ini memakai paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buzzer menggunakan pola komunikasi sekunder dalam praktiknya, buzzer membagikan narasi mengenai kenaikan BBM 2022 melalui media sosial untuk membuat khalayak mempengaruhi dengan narasi yang telah dibuat.


Keywords


Buzzer, Pola komunikasi, Kebijakan pemerintah

References


Akmal, I., & Irwansyah. (2020). Peran Aktivitas Media Sosial (Buzzer) Sukarela: Studi Kasus Member Independen Herbalife Nutrition. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Briliana, C. N., & Destiwati, R. (2018). Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur “HAMURinspiring” Di Media Sosial Line. Jurnal Manajemen Komunikasi, 34-50.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, M., Abdillah, O., Wicaksono, A., & Adriani, M. (2015). Buzzer Detection and Sentiment Analysis for Predicting Presidential Election Results in a Twitter Nation. IEEE International Conference on Data Mining Workshops.

Juditha, C. (2019). Buzzer di Media Sosial Pada Pilkada dan Pemilu Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika (hal. 199-212). .

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges of Social Media. Business Horizons, 59-68.

NUGRAHA, I. S. (2020). ANALISIS PENGARUH BUZZER POLITIK DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP LITERASI POLITIK GENERASI MILENIAL (Survey Terhadap Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNPAS Bandung Angkatan 2017-2019). Doctoral dissertation, FKIP UNPAS.

Nurudin. (2019). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Presada.

Permata, S. (2013). POLA KOMUNIKASI JARAK JAUH ANTARA ORANG TUA DENGAN ANAK (STUDI PADA MAHASISWA FISIP ANGKATAN 2009 YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH). ACTA DIURNA KOMUNIKASI.

Sabirin, D. M. (2020). ANALISIS PERILAKU BUZZER POLITIK DALAM KASUS . Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE.

Sugiono, S. (2020). Fenomena Industri Buzzer Di Indonesia: Sebuah Kajian Ekonomi Politik Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, fan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. JURNAL SIMBOLIKA: RESEARCH AND LEARNING IN COMMUNICATION STUDY (E-JOURNAL).

Wardani, W., Suriana, Arfah, S. U., Zulaili, & Lubis, P. S. (2022). Dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Inflasi dan Implikasinya Terhadap Makroekonomi di Indonesia. All Fields Of Sciences Journal Liaison Academia and Society, 63-70.

WARIEDA . (2022). PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANGUN BUDAYA DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOMUNIKASI DUA TAHAP (TWO STEP FLOW OF COMMUNICATION). VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id