KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PELATIH KEPADDA MURID DI SANGGAR TARI LAWIK OMBUN ART COMMUNITY PADA DESA KUOK KABUPATEN KAMPAR

Suci Listy Rana, Tantri Puspita Yazid

Abstract


Sanggar Tari Komunitas Seni Lawik Ombun Desa Kuok Kabupaten Kampar merupakan salah satu bentuk penyaluran bakat para pemuda dan pemudi di Desa Kuok sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya. Sanggar memiliki banyak prestasi di bidang tari dan sering diundang ke acara-acara kehormatan dan pernikahan. Dalam proses komunikasi antara pelatih dan siswa, sering terjadi miskomunikasi atau salah persepsi atau kurangnya pemahaman dalam proses pelatihan tari. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi instruksional pelatih serta proses penyampaian pesan dan simbol verbal dan nonverbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi instruksional yang dilakukan oleh pelatih tari kepada siswanya adalah. Pesan komunikasi instruksional yang disampaikan berupa pesan informatif dan pesan persuasif. Selama proses pelatihan, pelatih menggunakan komunikasi verbal, yaitu komunikasi lisan yang dominan menggunakan bahasa daerah atau bahasa Ocu. Sedangkan komunikasi nonverbal yang digunakan berupa simbol, sikap, ekspresi wajah, kontak mata, gerakan tubuh dan gerakan tangan serta nada intonasi. Kemudian ada tiga jenis hambatan yaitu pada sumber yaitu dari komunikator seperti penggunaan bahasa yang rumit, hambatan saluran yaitu peralatan yang rusak dan cuaca yang tidak mendukung serta hambatan pada komunikan yaitu komunikasi yang tidak fokus dan menimbulkan kebisingan sehingga suasana latihan menjadi terganggu.
Kata kunci: Komunikasi Instruksional, Tradisional, Komunitas

Full Text:

PDF

References


Agusta, Ivanovich. 2014. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media. Bogor: Litbang Pertanian.

Alwasilah, A. Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif: dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Cangara, Hafied 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Effendy, Onong Uchijana. 2008. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Koentjaranigrat, 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Littlejhon, W. Stephen. 2014. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Asri Mahasatya.

Moleong, Lexy. J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Paturusi, Achmad. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, M Pawit. 2010. Komunikasi Instruksional (Teori dan Praktik). Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sendjaja, S. Djuarsa. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Supriadi. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Sinar Grafika.

West, R. & turner. 2009. Teori Kounikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Yusuf, M Pawit 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Jurnal:

Ginting, K. 2019. Komunikasi Instruksional Pelatih Marching Band dalam Penggunaan Alat Musik di Sekolah Dasar Negeri 106 Rumbai Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Riau Vol.6: Edisi 1.

Sari, Novita. 2017. Komunikasi Instruksional Pelatih Kesenian Tambua Tasa di Sanggar Bengkel Seni Budaya Kota Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Riau Vol.4 No.2

Anggraini, Mutia. 2017. Komunikasi Instruksional Guru Dalam Proses Pembelajaran Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Pekanbaru. Pekanbaru: Universtas Riau.

Soegiana, Henry Pramudya. 2014. Komunikasi Instruksional Pelatih dan Atlet Tenis Meja Tunanetra Kota Bekasi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Ahmad, Dang Syaras, 2016. Komunikasi Instruksional Instruktur di Lindz Yoga Studio Pekanbaru. Universitas Riau.

Mutia, Anggraini. 2017. Komunikasi Instruksional Guru dalam Proses Pembelajaran Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Riau




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v11i1.7496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id