PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI MINAT BELAJAR

Jefri Jefri, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa besar pengaruh kompetensi komunikasi instruksional Assistant Teaching Matematika terhadap prestasi akademik peserta pdidik melalui minat belajar. Populasi dalam Penelitian ini sebanyak 231 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu Non-Probability Sampling berjumlah 133 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Uji validitas instrumen dengan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji kolinieritas, uji multikolinieritas dan uji homosedastisitas. Analisis data menggunakan teknik analisis SEM-PLS (Struktural Equation Modelling-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan kompetensi komunikasi instruksional Assistant Teaching Matematika terhadap prestasi akademik peserta didik sebesar 0,74(74%) melalui pengujian koefisien direct effect. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh kompetensi komunikasi instruksional Assistant Teaching Matematika terhadap prestasi akademik peserta didik melalui minat belajar sebesar 0,66 (66%) dari hasil pengujian (indirect effect). Hasil pengujian model mediasi menjelaskan bahwa model mediasi diterima dengan kriteria APC dan ARS < 0,05 serta AVIF < 5. Sedangkan besar efek mediasi yang dihitung dengan metode Variance Acounted For(VAF) sebesar 68,68%, termasuk dalam kategori pemediasi parsial
Kata kunci: Komunikasi, Kompetensi, Instruksional, Minat Belajar, Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Hannawa, Annegret F. and Brian H. Spitzberg. 2015. Communication Competence: Handobook of Communication Competence. Berlin: Mouton de Gruyter. https://www.safaribooksonline.com/library/view/communication-competence/9783110395228/ diakses pada tanggal 16 Juni 2018 pukul 22.29

Jones, Richard. G., Jr. 2013. Communication in the real world: An introduction to communication studies. Irvington, NY: Flat World Knowledge.https://www.saylor.org/site/wpcontent/uploads/2013/06/Communication-in-the-Real-World.pdf diakses pada tanggal 20 Juni 2018 pukul 20.02

Marshitha. 2011. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Pembelajaran Guru terhadap Minat Belajar Siswa Di MTs Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbuyah dan Keguruan, Universitas Isma Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uinsuska.ac.id/2263/1/2011_2011317.pdf diakses pada tanggal 27 Januari 2019 pukul 15.47

Morreale, Sherwyn P, Brian H. Spitzberg, J. Kevin Barge, Julia T. Wood, Sarah J.Tracy. 2004. Introduction to Human Communication. USA: Wadsworth Group. https://aclasites.files.wordpress.com/2017/02/sherwyn_p-_morreale_brian_h-_spitzberg_j-_kevinbookfi-org-copy.pdf

Mottet, Timothy P, Virginia P. Richmond and James C. McCroskey. 2006. Handbook of Instructional Communication: Rhetorical and Relational Perspectives. New York: Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/9781317347996 diakses pada tanggal 21 Juni 2018 pukul 23.02

Sardiman. A. M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiarto, dkk. 2003. Teknik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono dan Agus Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL: Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusup, Pawit M. 2010. Komunikasi Pendididkan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meideastuti, Ade Kristi. 2013. Pengaruh Komunikasi Guru dan Kondisi Ruang Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.http://lib.unnes.ac.id/19052/1/7101408070.pdf diakses pada tanggal 28 Januari 2019 pukul 22.26

Rusnandi, Hilma. 2011. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/6631/1/8309.pdf diakses pada tanggal 14 Maret 2019 pukul 14.21

Surip, Muhammad. 2017. Komunikasi Instruksional. Literatur Online. Medan: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. https://media.neliti.com/media/publications/74812-ID-komunikasi-intruksional.pdf diakses pada tanggal 4 April Maret 2018 pukul 20.39

McCroskey. James C. 1981. Communication Competence and Performance: A Research And Pedagogical Perspective. West-Virginia University. Amerika Serikat: To The Educational Resources Information Center (Eric).https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED203401.pdf diakses pada tanggal 19 September 2018 pukul 20.11

Payne, Holly J. 2005. Reconceptualizing Social Skills in Organizations : Exploring the Relationship between Communication Competence, Job Performance and Supervisory Roles. Journal of Leadership & Organizational Studies, Vol.11,No.2.https://agustinazubair.files.wordpress.com/2013/10/8-communication-competence-and-joob-performent-payne-xxxall.pdf diakses pada tanggal 19 Juni 2018 pukul 20.23

Salleh, Lailawati Mohd. 2008. Communication Competence: A Malaysian Perspective. Human Communication. A Publication of the Pacific and Asian Communication Association, Vol. 11, No. 3, hlm. 303-312. Faculty of Economics and Management, Universiti Putra Malaysia, Serdang, Selangor,Malaysia.https://www.researchgate.net/publication/271503142_Communication_Competence_A_Malaysian_Perspective diakses pada tanggal 16 Juni 2018 pukul 21.02

Spitzberg, Brian H. 2009. Communication Competence as Knowledge, Skill, and Impression. Communication Education. North Texas State University. New York: Routledge. http://www.tandfonline.com/loi/rced20 diakses pada tanggal 19 September 2018 pukul 20.23

Worley, Debra. Scott Titsworth and David W. Worley & Myrna Cornett-DeVito. 2007. Instructional Communication Competence: Lessons Learned from Award-Winning Teacher. New York: Routledge. http://www.tandfonline.com/loi/rcst20 diakses pada tanggal 25 September 2018 pukul 21.46




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v11i1.7490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id