KONSTRUKSI MAKNA KATA MAKIAN DALAM PERILAK KOMUNIKASI KOMUNITAS PECINTA ALAM TALEGONG (Studi Etnografi Komunikasi pada Komunitas Pecinta alam Talegong)

Asep Kiki Saepul Akbar Albert Muhammad

Abstract


Kata makian dalam setiap bahasa dan kebudayaan merupakan bagian terintegrasi dari perkembangan bahasa dan kebudayaan masyarakat itu sendiri. Kata-kata makinan secara referensial didefinisikan sebagai kata kotor dan terlarang. Namun dalam beberapa komunitas masyarakat, kata makian di konstruksi dengan makna yang tidak sesuai dengan makna secara referensial. Penelitian ini menggunakann metode kualitatif dengan pendekatan studi etnografi komunikasi. Teori manajemen koordinasi makna digunakan untuk menganalisis hasil temuan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada tiga praktif komunikasi dalam perilaku komunikasi Komunitas Pecinta alam Talegong dalam mengkonstruksi kata makian tersebut, yakni; situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif. Komunitas Pecinta alam Talegong mengkonstruksi kata makian menjadi tidak lagi sebagai kata untuk memaki, melainkan sebagai kata yang digunakan sebagai bentuk keakraban, mencairkan suasana dan mempererat persahabatan.
Kata Kunci: Konstruksi Makna, Kata Makian


References


Anshori, D. S. (2017). Etnografi Komunikasi: Perspektif Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Chaer, Abdul. 1995. Pengantar Sematik Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Littlejohn, Stephen W & Karen A.Foss, 2017, Theories of Human Communication Eleventh Edition. Long Grove, Illinois, United States: Waveland Press, Inc

Kuswarno, E. (2008). Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zakiah, K. (2008). Penelitian Etnografi Komunikasi: Tipe dan Metode. MediaTor, 181-188

Iswatiningsih, Daroe. (..) Etnografi Komunikasi: Sebuah Pendekatan Mengkaji Perilaku Masyarakat Tutur Perempuan Jawa. Seminar Nasional Prasasti.

Faustina, Evelyn. (2016). Perilaku Komunikasi Siswa di Sekolah Homogen Studi Etnografi Komunikasi pada Siswa Kelas XII SMA Santa Ursula Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOMM. Vol. 8, No. 1. 91-119.

Nurhaipah, Titi. (2019). Komunikasi dalam Hubungan Akrab berdasarkan Persfektif Manajemen Koordinasi Makna. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek. Vol. 3 No. 1. 27-45.

Kuswarno, Engkus. (2008). Etnografi Komunikasi: Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

West, Richard dan Lynn H. Turner. (2014). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw Hil

Reinard, John C. (2008). Introduction to Communication Research. New York: The McGraw-Hill

Saville-Troike, Muriel. (2003). The Ethnography of Communication: An Introduction. Oxford: Blackwell Publishing Ltd


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id