PRESENTASI DIRI SOCIAL CLIMBER PADA KALANGAN MAHASISWI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS RIAU

Reni Agustina, Tantri Puspita Yazid

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan presentasi diri oleh mahasiswa social climber di Universitas Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan dramaturgi. Subyek penelitian adalah 4 mahasiswa Universitas Riau yang diambil berdasarkan teknik Snowball. Sedangkan objek penelitian ini adalah presentasi diri social climber di kalangan mahasiswi di lingkungan Universitas Riau dengan mengidentifikasi front stage dan back stage. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan penyuluhan partisipasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panggung depan untuk mahasiswa social climber Universitas Riau memiliki aspek penampilan dan gaya, sedangkan panggung belakang untuk mahasiswa social climber Universitas Riau tidak memiliki aspek penampilan dan norma yang mencolok.

Kata Kunci: Mahasiswi, Presentasi Diri, Social climber.


References


DAFTAR PUSTAKA

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenada Media Group.

Horton, P. B,. dan Hunt, C. L,. 1984. Sociologi, Sixth edition. Jakarta: Penerbit Erlangga Ritzer, George and Douglas J.Goodman. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Hurlock, E. B .2002. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga .

Kuswarno, Engkus. 2008. Etnografi Komunikasi Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung : Widya Padjadjaran.

Kriyantono, Rachmat 2010, Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta : Salemba Humanika.

Liverhamton. 2017. Social Climber, Simiskin Yang Berusaha Terlihat Kaya. Diperoleh dari Https://www.kaskus.co.id/thread/590014c8c0d77031268b4568/socialclimber-si-miskin-yang-berusaha-terlihat-kaya/.

Marzuki, M.M. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy dan Solatun (ed). 2013. Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasir, Mohammad. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Neuman, William Lawrence. 2003. Social Research Methods: Qualitative and quantitative Approaches. Pearson Education.

Ritzer, George and Douglas J. Goodman. 2007. Teori Sosiologi modern. Jakarta : Kencana.

Soeprapto, Riyadi. 2002. Interaksi Simbolik, Perspektif Sosiologi Modern. Yogyakarta: Averrpes Pers dan Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprayogo, I. 2013. Pentingnya Pengakuan Sosial. Rineka Cipta: Jakarta.

Wood, Julia T. 2006. Communication Mosaics; an introduction to the of communication (Terjemahan). USA: Thomson Wadsworth.

Yasir. 2011. Teori Komunikasi. Pekanbaru: Pusbangdik.

Artika, Marisa Disa. 2013. Social Climber sebagai Fenomena Komunikasi (Studi Deskriptif di Kalangan Perantau Domestik yang Berdomestik di Bali). Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Bali.

Nursita, Dian. 2019. Social climber Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Pengguna Instagram Masa Kini.Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Permatasari, Dewi. 2017. Fenomena Social Climber di Kalangan Mahasiswa (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa di Surakarta). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Wandira, Okta Ayu. 2019. Ingin Terlihat Kaya: Kajian Social Climbing dan Perubahan Gaya Hidup Pada Anak Kost di Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Anindhita, Wiratri. 2018. ‘Dramaturgi Dibalik Kehidupan “Social Climber”’. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, Volume VI No.1 Mei 2018, Diakses Pada 23 Januari 2020.

Jayanti, Nadia Ayu. 2015, ‘Komunikasi Kelompok “Social Climber” Pada Kelompok Pergaulan di Surabaya Townsquare (Sutos). Jurnal E-Komunikasi, Vol. 3. No.2, Diakses pada 15 Januari 2020.

Irwan. 2017. 6 Ciri ‘Social Climber’ Orang yang Ingin Terlihat Kaya di Media Sosial, Brilio Net, dari http://www.brilio.net/duh/6-ciri-social-climber-orang-yang-ingin-terlihat-kaya-di-medsos-duh-1705021.html (DiperolehDiakses pada 18 Agustus 2020. Pukul 11:07 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id