KOMUNIKASI POLITIK YOPI ARIANTO : STUDI TENTANG KEGIATAN TRABAS TOURING DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN PEMERINTAHAN DAERAH

Henny Herfianti Isfia, Belli Nasution, Noor Efni Salam

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan mendeskripsikan strategi komunikasi politik yopi arianto dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintahan daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dari penelitian ini dengan menggunakan teknik pemilihan informan purposive sampling, sedangkan objek penelitian ini adalah komunikasi politik Yopi Arianto dalam mensosialisasikan kebiajakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam mencapai keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian komunikator politik yang dilibatkan dalam kegiatan Trabas Touring ini adalah Kepala Dinas terkait dari eksekutif, anggota DPRD dari legislatif dan jurnalis dari komunikator profesinoal, ini berdasarkan kriteria kredibilitas, daya tarik dan berkomunikasi yang baik. Kedua, pesan yang disampaikan adalah terkait program dan kebijakan pemerintah yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, pengawasan terhadap program dan memberikan pelatihan dan bimbingan kepada masyarakat. Ketiga, media yang digunakan untuk mensosialisasikan adalah media cetak seperti majalah, jurnal, koran dan baliho, media online, media social seperti facebook, instagram dan twitter lalu penyampaian secara langsung (mulut kemulut). Dan yang paling efektif adalah media cetak. Keempat, audiens/khalayak yang menjadi sasaran adalah masyarakat umum seperti tokoh agama, tokoh pemuda, lalu perangkat desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa.
Kata Kunci: Komunikasi Politik, Sosialisasi Kebijakan, Trabas Touring

References


Daftar Pustaka

C. McNair, Brian. 2011. An Introduction to Political Communication. New York : Routledge.

Nimmo, Dann. 2005. Komunikasi Politik : Komunikator, Pesan dan Media. Terjemahan oleh Jalaludin Rakhmat. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suwardi, Harsono, dalam Kata Pengantar, Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa, Hamad, Ibnu. 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id