STRATEGI KOMUNIKASI SURVEYOR DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI PT. ADIRA FINANCE PEKANBARU

Juli Asri, Noor Efni Salam, Yasir Yasir

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi surveyor dalam meningkatkan penjualan pada PT. Adira Finance Pekanbaru, untuk mengetahui strategi surveyor menggunakan dan memilih media dalam meningkatkan penjualan pada PT. Adira Finance Pekanbaru dan untuk mengetahui strategi surveyor untuk menentukan audiens dalam meningkatkan penjualan di PT. Adira Finance Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek berjumlah 8 terdiri dari surveyor dan konsumen masing-masing berjumlah 4 orang, dengan teknik pengambilan subjek dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berdasarkan siklus yang dijelaskan oleh Huberman dan Miles, dengan langkah-langkah: Mengumpulkan data (pengumpulan data), mereduksi data, mengolah data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi surveyor dalam meningkatkan sales di PT. Adira Finance Pekanbaru yaitu dengan mengadakan pameran atau banyak melakukan promosi di media sosial untuk meningkatkan penjualan. Pelayanan dan kenyamanan konsumen juga menjadi salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan di PT. Adira Finance Pekanbaru. Strategi surveyor menggunakan dan memilih media dalam meningkatkan penjualan pada PT. Adira Finance Pekanbaru menggunakan media sosial dan media leaflet seperti brosur dan spanduk. Semua media yang digunakan surveyor memiliki target kelemahan dan kelebihan masing-masing. Media yang paling banyak menjangkau khalayak adalah media sosial. Ha l Pandangan pengguna. Strategi surveyor menentukan audience dalam meningkatkan penjualan di PT. Adira Finance Pekanbaru terbagi menjadi dua audiens, yaitu audiens primer dan audiens sekunder. Audiens utama adalah para kreditor yang telah melakukan kredit di PT. Adira Finance Pekanbaru dan penonton sekundernya adalah masyarakat luas di Kota Pekanbaru dan sekitarnya.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Meningkatkan Penjualan, Surveyor.

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, Elvinaro. 2016. Metode Penelitian untuk Public Relations Kunatitatif dan Kualitatif. Sembiosa Rekatama Media, Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI).: Rineka Cipta, Jakarta.

DeVito, Joseph A. 2009. Komunikasi Antarmanusia (Alih Bahasa: Ir. Agus Maulana M.S.M.). Tangerang: Karisma Publishing Group.

Effendy, Onong Uchjana, 2011.Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.

_________.2015. Dinamika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fajar, Marhaeni, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019.

Freddy, Rangkuti. 2016. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Iriantara, Yosal. 2014. Manajemen Strategis Public Relations. Jakarta : Ghalia

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara. 2016. Marketing Communication –Taktik dan Strategi. PT Buana Ilmu Populer, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Erlangga.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media Group, Jakarta.

Moleong, Lexy J, 2015, Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhammad, Arni, 2015. KomunikasiOrganisasi, Cet. VII, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ruslan, Rosady, 2007. Manajemen Public Reklations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saefullah, Ujang. 2018. Kafita Selekta Komunikasi Pendekatan Agama Dan Budaya, Bandung: Remaja Rosadakarya.

Siregar, Syofyan. 2012. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Rajawali Pers, Jakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Afabeta, Bandung.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakary.

Swastha, Basu & Ibnu Sukotjo. 2011. Pengantar Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern), Yogyakarta : Liberty.

Umar, Husein. 2011. Strategic Management in Action. Gramedia Pustaka Indonesia, Jakarta.

Usman, Husaini. 2012. Metodologi Penelitian Social. Edisi Kedua. Jakarta : Bumi Aksara, Jakarta.

W. Friedrich, Gustav. 2019. Stratgic Communication in Business and the Professions, Jakarta: Kencana.

Yasir. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Pusat Pengembangan Pendidikan, Pekanbaru

Sumber lain:

Lulu Lusi Gemmayanty. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Program Community Marketing di Bank Danamon Jawa Barat (Studi Kasus Stategi Program Community Marketing Pada Bank Danamon SND 05 Jawa Barat). Jurnal. Magister Ilmu Komunikasi. Program PascasarjanaUniversitas Pasundan, Bandung.

Santi Handa Astuti. 2019. Strategi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Etos Kerja Pegawai Kantor Camat Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), Vol. 3, No 1, 2019 ISSN: 2621-9492

Geraldy Tambajong. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA 1291, Vol. 1 No. 3 September 2013, Hal. 1291-1301 ISSN 2303- 1174.

Asep Sudarman. 2018. Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2 Nomor 1. ISSN 2549-8452.

Andi Surahmi. 2017. Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Andi Syahputra 2015. Strategi Komunikasi Pengelola Bank Sampah Mutiara Dalam Meningkatkan Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Dikelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Tesis. Program Pascasarjana UINSumatera Utara. Medan.

Agus Rusmana, Strategi-Komunikasi, http://www.scribd.com/doc/ (diakses pada tanggal 23 April 2018).

Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id