MANAJEMEN KOMUNIKASI COMMUNITY DEVELOPMENT PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI PADA PROGRAM SISTEM PERTANIAN TERPADU DAN PROGRAM USAHA KECIL MENENGAH)

Della Oktavinoarti, Welly Wirman, Anuar Rasyid

Abstract


Manajemen komunikasi yang efektif dan efisien diperlukan dalam program community development untuk pencapaian pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program CD PT. RAPP dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dari penellitian ini terdiri dari 13 orang, sedangkan objek dari penelitian ini adalah Manajemen Komunikasi Community Development PT. RAPP Dalam Pemberdayaan Ekonomi Mayarakat (Studi Pada Program Sistem Pertanian Terpadu dan Program Usaha Kecil Menengah). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses komunikasi dalam perencanaan CD PT. RAPP dimulai dari mereview kegiatan tahun lalu, membuat draft perencanaan selanjutnya, rembuk desa. Komunikasi dalam pelaksanaan CD PT. RAPP melakukan survei, pembuatan proposal, administrasi, memberikan pelatihan dan bantuan kepada masyarakat. Komunikasi dalam pengawasan CCD PT. RAPP dilakukan setiap tahun oleh tim auditor dan evaluasi dapat dilihat melalui community statifaction surveys (CSS) yang dilakukan oleh pihak ketiga program CD setiap dua tahun sekali.


Keywords


Manajemen Komunikasi; Community Development; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

References


Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu

Puteh,Jakfar. 2014 .Islam dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta : Citra Kreasi Utama

Rasyid, Anuar. 2019. Komunikasi CSR Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Pekanbaru : Taman Karya

Jurnal

Anuar Rasyid, Amiruddin Saleh, Hafied Cangara, Wahyu Budi Priatna. 2015 . Komunikasi dalam CSR Perusahaan Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif

Anuar Rasyid, Welly Wirman. 2016. Manajemen Komunikasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PTPN V Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Pekanbaru. Universitas Riau

Welly Wirman, Muchid Albintani. 2015. Manajemen Komunikasi Coroporate Social Responsiibility PT. Perkebunan Nusantara V (Evaluasi dan respon program kemitraan dan pengembangan masyarakat terhadap pemberdayaan masyarakat di Provinsi Riau, Indonesia)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id