PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PRIMORDIALISME TERHADAP PERILAKU PEMILIH PADA PILKADA KABUPATEN KAMPAR PERIODE 2017-2022 (Studi Kasus Dikecamatan Tambang)
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v8i2.7353Keywords:
Media Sosial, Primordialisme, dan Perilaku pemilihAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah,
kurangnya kampanye yang dilakukan setiap pasangan calon bupati dan wakil bupati,
kurangnya masyarakat mengakses media sosial terkait berita pemilihan kepala daerah
kabupaten Kampar, dan perilaku pemilih dalam menentukan pilihannya dengan melihat suku
dan dari daerah mana berasal. Tujuan penelitian ini Pertama untuk mengetahui pengaruh
media sosial terhadap perilaku pemilih, kedua untuk mengetahui pengaruh primordialisme
terhadap perilaku pemilih dan Ketiga untuk mengetahui pengaruh media sosial dan
primordialisme terhadap perilaku pemilih pada pemilihan kepala daerah kabupaten Kampar
periode 2017-2022 di kecamatan Tambang. Desain penelitian menggunakan penelitian survey
dengan menggunakan kuisioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian
adalah penduduk Rimbo Panjang dan Desa Tarai Bangun. Sampel penelitian berjumlah 28197
orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik multistate random sampling.
Teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda dengan pengolahan data menggunakan
program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh antara media sosial (X1) terhadap perilaku pemilih (Y) dengan nilai thitung≥ttabel atau
57,304>2,58 artinya H1 diterima, terdapat pengaruh primordialisme (X2) terhadap perilaku
pemilih (Y) dengan nilai 101,536>2,58, sedangkan H3 dengan uji F (uji Anova) menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh media sosial dan primordialisme terhadap perilaku pemilih (H3)
6932,802>0,305.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.