STRATEGI COPYWRITING DALAM KAMPANYE HARI KOPI SEDUNIA DI AKUN INSTAGRAM @PILIGREENNETWORK
Abstrak
Penelitian ini menganalisis strategi copywriting dari PILI Green Network dalam kampanye Hari Kopi Sedunia 2025 di Instagram (@piligreennetwork) sebagai jawaban terhadap kebutuhan komunikasi lingkungan di dunia digital. Metode kualitatif-deskriptif yang digunakan meliputi observasi konten, wawancara, dan pengalaman langsung, penelitian ini menganalisis penerapan model persuasif AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Hasil menunjukkan keberhasilan strategi dalam membangun Attention dan Desire melalui eco-storytelling dan tone of voice bersahabat yang menekankan Manfaat Ganda (kesejahteraan petani dan konservasi hutan). Namun, ditemukan kelemahan pada tahapan Action, di mana Call-to-Action (CTA) cenderung low-effort dan kurang spesifik dalam mendorong konversi high-effort (pembelian kopi berkelanjutan). Studi ini menyimpulkan pentingnya CTA yang terukur untuk meningkatkan partisipasi publik dan aksi nyata keberlanjutan.
Kata Kunci: AIDA, Copywriting, Instagram, Kampanye Lingkungan, Kopi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.