STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING MELALUI SLOGAN “BE STRONG” MEMBANGUN CITRA UNIVERSITAS LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v13i2.7634Abstrak
Dalam era kompetisi global, institusi pendidikan tinggi perlu membangun citra yang kuat dan kredibel. Universitas Lampung meluncurkan slogan “Be Strong” sebagai strategi komunikasi corporate branding untuk memperkuat posisinya di ranah nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi corporate branding yang diterapkan melalui slogan tersebut serta mengevaluasi efektivitasnya berdasarkan teori Hatch dan Schultz yang berfokus pada keselarasan antara visi, budaya, dan citra. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unila berhasil mengintegrasikan nilai-nilai slogan ke dalam kehidupan kampus, baik melalui media digital, pelibatan sivitas akademika, maupun kolaborasi eksternal. Slogan “Be strong” memberikan dampak yang besar dalam memperkuat daya saing, reputasi, dan membangun identitas Unila memiliki ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan. Strategi ini dinilai cukup efektif karena berhasil mengkomunikasikan visi institusi, memperkuat budaya kolektif, dan memperbaiki citra publik Unila. Studi ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi branding institusi pendidikan tinggi.Referensi
Mangold, WG. and Faulds, DJ. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.
Prasetyo, T. A., & Febriani, S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.
Universitas Lampung. (2024). Dokumen Profil dan Program Strategis Universitas Lampung 2024. Biro Perencanaan dan Humas Unila.
Utaridah, N., Fardiyan, A.R., Prasetya, Vito., & Wibawa, A. (2024). Media Relations Humas Melalui Model Erase Menyosialisasikan Citra Baru Pada Publik Dalam mempertahankan Reputasi Universitas Lampung. Metakom: Jurnal Kalian Komunikasi.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Sage Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.