STRATEGI KOMUNIKASI GURU SEKOLAH MINGGU HKBP KARAWANG DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN ANAK PADA PELESTARIAN BUDAYA BATAK
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v10i2.7476Abstrak
Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya pada simbol kultural sebagai sebuah identitas. Seiring berjalannya waktu mulai dilupakan akibat gencarnya budaya asing. Budaya Batak yang menjadi bagian dari keragaman tersebut tentu harus dilestarikan, salah satunya mengenalkannya pada generasi muda. Sekolah minggu HKBP Karawang adalah salah satu wadah dimana pelestarian budaya Batak dapat dilakukan. Penulisan ini membahas bagaimana strategi komunikasi guru sekolah minggu HKBP Karawang agar pelestarian budaya Batak terhadap anak berjalan dengan lancar. Tujuan dari penulisan ini agar murid sekolah minggu HKBP Karawang ikut menjaga dan melestarikan kebudayaan Batak. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil yang didapat dari wawancara bahwa pelestarian kebudayaan Batak seorang guru sekolah minggu harus memiliki kepercayaan, kualitas, kemampuan penyampaian komunikasi.
Kata Kunci: Batak, Guru, Komunikasi, Strategi.
Referensi
Sumber Buku:
Rianto, Adi. (1990). Perspektif Pendekatan Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.
Daryanto, Hery Tarno. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Effendy, Onong Uchjahana. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
L.Tubbs, Stewart & Moss, Sylvia. (2008). Human Communication (Prinsip-prinsip Dasar). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media.
Maleong. Lexy J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung
Naim, Ngainun. (2011). Dasar-Dasar Sumber Artikel/Jurnal:
Leong, Juliana E, Warouw, Desie M.D, Kalesaran, E. R. (2014). Ran Komunikasi Orang Tua Dalam Melestarikan Bahasa Tonsawang Di Desa Tombatu Ii Tengah Kecamatan Tombatu Utara Kabupaten Minahasa Tenggara. Acta Diurna, 3(2)
Rifki Aulia & Rila Setyaningsih. 2019. Strategi Komunikasi SMPN 1 Jetis Dalam Melestarikan Budaya Reog Ponorogo. Mediakita, 3(1), 87-91.
Romadhan, M. I., Puspaningtyas, A., & Rahmadanik, D. (2019). Proses Komunikasi Dalam Pelestarian Budaya Saronen the Communication Process in the Cultural Preservation, 20(1), 1–12.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.