THE ROLE OF FACEBOOK SOCIAL MEDIA IN FORMATION OF TEENAGER’S PERSONALITY IN SELAMAT VILLAGE, SIBIRU-BIRU DISTRICT, DELI SERDANG REGENCY
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v10i2.7469Abstrak
Penelitian ini berjudul “Peranan Media Sosial Facebook Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja di Desa Selamat Kecamatan Sibiru-Biru Kabupaten Deli Serdang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran media sosial Facebook dalam membentuk kepribadian remaja di Desa Selamat Kecamatan Sibiru-Biru Kabupaten Deli Serdang. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori paparan media (media exposure) dan teori kepribadian menurut Eysenck. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah remaja Desa Selamat berusia 14-18 tahun. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Facebook sebagai media sosial memiliki lima peran dalam pembentukan kepribadian remaja. Pertama, Facebook berperan sebagai media pengembangan diri dalam kehidupan sosial remaja. Kedua, Facebook berperan sebagai media swadaya bagi remaja. Ketiga, Facebook berperan sebagai media untuk mengekspresikan emosi bagi remaja. Keempat, Facebook berperan sebagai media pengembangan diri dalam mengembangkan minat pribadi dan kepentingan spiritual. Kelima, Facebook berperan sebagai media untuk membentuk citra diri yang berbeda bagi remaja.
Kata kunci: Facebook, Kepribadian, Remaja, Media Sosial
Referensi
Ali, Muhammad. 2011. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Bumi Aksara.
Asmani, Jamar Ma’Mur. 2012. Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah. Yogyakarta: Bukubiru.
Baran, Stanley J. & Dennis K. Davis. 2018. Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.
Bueree, C. George. 2007. Personal Theories: Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bungin, Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dariyo, Agoes. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Ciawi: Ghalia Indonesia.
Fakhruroji, Moch. 2017. Dakwah di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Feist, Jess dan Gregory J. Fesit. 2010. Teori Kepribadian, Terj. Dari Theories of Personality oleh Smita Prahita Sjahputri. Jakarta: Salemba Humanka.
Felita, Pamela, dkk. 2016. Pemakaian Media Sosial dan Self Concept Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Unika Atma Jaya, 5, 30-41.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: Gunung Mulia.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Terj. Dari Development Psychology: ALife-Span Approach oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Jasmine, Cindy. 2009. Cepat dan Mudah Menguasai Facebook Untuk Pemula. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Juju, Dominikus dan Feri Sulianta. 2010. Hitam Putih Facebook. Jakarta: Kompas Gramedia.Jupp, Victor. 2006. The Sage Dictionary: Social Research Methodology. London: SAGE Publications Ltd.
Kaplan, Andreas M. dan Michael Haenlein. 2010. Users of The World Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizon.
Koswara. 1981. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Eresco.
Mahpur, Muhammad. 2003. Hubungan Olah Rasa dengan Kematangan Diri Ditinjau dari Usia dan Lamanya Mengikuti Kebatinan (Pendekatan Psikologi Fenomenologis Kebatinan Jawa, Sumarah), Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
McQuail, Dennis. 2000. McQuail’s Communication Theory (4th Edition). London: Sage Publications.
Miftahul Jannah. 2016. Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, Vo. I, No. 1, 243-255.
Narwoko dan Suryanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Media Group.
Nawawi, Hadari. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Pervin, Lawrence A. Daniel Cervoe, dan Oliver P. John. 2010. Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian, Terj. Dari Personality: Theory and Research oleh A. K. Anwar. Jakarta: Kencana.
Qomariyah, Astutik Nur. 2009. Perilaku Pengguna Internet Pada Kalangan Remaja Perkotaan dalam CENDIKIA. Surabaya: Universitas Airlangga Surabaya (UAS) dan Penerbit Airlangga Surabaya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rojak, Abdul dan Wahdi Sayuti. 2006. Remaja dan Bahaya Narkoba. Jakarta: Media Group.
Sendjaja, S. Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Seo, Hyunhin, dkk. 2014. Teens’ Social Media Use and Collective Action. Journal
of New Media & Society USA, Vo. 16 (6) 883-902
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak: Pesan Moral Intelektual, Emosional dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT Buku Seru.
Suryabrata, S. 2003. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susanto, Phill. Astrid S. 1979. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial.
Bandung: Binacipta.
Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
West, Richard dan Lynn H. Tunner. 2013. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1 Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.
http://ebisnisupdate.blogspot.com
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.