PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS ONLINE SHOP INSTAGRAM @KPOPCONNECTION
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v10i1.7454Abstrak
Pada generasi saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat akses Internet menjadi mudah dan cepat sehingga memunculkan pergeseran teknologi pemasaran. Internet menjadi salah satu faktor pendukung dalam keberhasilan perusahaan dan pengusaha untuk memperoleh keuntungan dalam lingkup yang lebih luas. Salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pengusaha dalam melakukan perdagangan yaitu melalui digital marketing/pemasaran online, dengan adanya digital marketing dapat menghubungkan penjual dengan konsumen, serta penjual dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang ditargetkan, dan menarik minat beli pembeli untuk melakukan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 398 orang responden customer online shop @Kpopconnection. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien Y = 6,037 + 0,840 X, dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 30,867 > 1,966, arti dari perhitungan hipotesisnya adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat juga perhitungan statistik yang diperoleh didalam model summary nilai Rsquare sebesar 0,706 dan nilai R sebesar 0,840, artinya digital marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Online Shop.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Buku penulis tunggal
Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Kemal, Ade dan Lana Sularto. 2001. Introduction To E-Commerce. Jakarta: Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rustan, Ahmad Sultra dan Nuhakki Hakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.
YB, Anang. 2010. Sukses Bisnis Toko Online. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (e-book).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rachmadi, Tri. 2020. The Power Of Digital Marketing.
Artikel Jurnal:
Liesander, Indra. 2017. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timur.
Nugraini, Erna Dwi. 2016. Fanatisme Remaja Terhadap Musik Populer Korea Dalam Perspektif Psikologi Sufistik (Studi Kasus terhadap EXO-L).
Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga.
Shahnaz, Nanda Bella Fidanty dan Wahyono. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online.
Winaldi, Ferama Thalia Clarinita. 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Fore Coffee.
Skripsi, Tesis, Disertasi :
Dewi, Afriani 2019. Pengaruh Motivasi Kerja dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pada RSIA Eria Bunda Pekanbaru.
Seftiani, Shinta. 2019. Pengaruh Tayangan Boyband BTS Di Aplikkasi Vlive Terhadap Perilaku Imitasi Pada Komunitas Media Sosial Line Army Riau.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.