STRATEGI KOMUNIKASI BPKAD PROVINSI RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI RIAU ELEKTRONIK SISTEM ASET MANAJEMEN
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v9i2.7442Abstrak
AbstrakPenggunanaan teknologi informasi oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat. Perkembangan teknologi informasi tersebut diaplikasikan oleh Pemerintahan Provinsi Riau dengan meluncurkan aplikasi berbasis android bernama RESAM. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi Riau. Ada lima hal yang merupakan fokus penelitian ini yaitu Analisis masalah, target sasaran, penggunaaan media, strategi komunikasi dan Evaluasi komunikasi yang dilakukan oleh BPKAD Provinsi Riau dalam mensosialisasikan Aplikasi RESAM. Tujuannya adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Riau Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Riau Elektronik Sistem Aset Manajemen (Resam). Penelitian ini mengambil informan sebanyak 5 orang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Komunikasi yang dibangun oleh Team Resam pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah bersifat dua arah atau yang lebih dikenal dengan two ways communication. Komunikasi dua arah atau two ways communication merupakan proses komunikasi dimana terjadi timbal balik (feedback) atau respon saat pesan dikirimkan oleh sumber atau pemberi pesan kepada penerima pesan. Sosialisasi yang dibangun bersifat formal, dimana seluruh OPD yang ada dilingkungan Provinsi Riau sebagai target sasaran primer.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Sistem Manajemen, Aplikasi Resam, BPKAD Provinsi Riau
Referensi
Daftar Pustaka
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. In Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Harsono, S. (2017). Strategi Komunikasi Paguyuban Mojang Jajaka Mengenai Sosialisasi Pariwisata dan Kebudayaan di Jawa Barat. Perpustakaan.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Ihromi, T. O. (2004). Berbagai Kerangka Konseptual dalam Pengkajian Keluarga, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna, edisi pertama cetakan ke-1. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
2021-06-17
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.