INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PT INDOSAT DALAM MENSOSIALISASIKAN PERUBAHAN CORPORATE IDENTITY KEPADA PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v9i1.7392Kata Kunci:
Integrated Marketing Communication, Sosialisasi, Corporate Identity, RebrandingAbstrak
Corporate Identity merupakan suatu elemen perusahaan yang harus diketahui oleh khalayak sebagai tanda pengenal yang memungkinkan perusahaan dikenal atau dibedakan dari perusahaan yang lainnya. Dalam hal ini, Indosat telah bertransformasi dengan melakukan rebranding Indosat menjadi Indosat Ooredoo sehingga perlu merancang dan mengorganisasi informasi terkait rebranding melalui sebuah konsep Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam sosialisasi perubahan corporate identity yang dilakukan oleh marketing communication Indosat Ooredoo untuk memberikan kesadaran dan pengetahuan akan merek melalui Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu advertising melalui media above the line (ATL) dan below the line (BTL), direct marketing dan pemasaran interaktif melalui gerai dan mitra outlet, sales promotion melalui promo internet, personal selling melalui penjualan di outlet dan public relations melalui launching, publisitas, gathering dan event.Referensi
A, Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi. Jakarta: Erlangga
Cultip, Scott M, Center. Broom, Glen M. 2009. Effective Public Relations: Edition 9. Jakarta: Kencana
Engel, James F, dkk. 2012. Perilaku Konsumen: Jilid 1. Tangerang: Binarupa Aksara
Kriyantono, Rachmat. 2014. Public Realtions Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Bandung: PT Rosdakarya
Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. 2014. Teori Komunikasi: Edisi 9 Theories of huhman communication. Jakarta: Salemba Humanika
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana
------------ 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana
Soemanagara. 2012. Strategi Marketing Communications: Konsep Strategis dan Terapan.Bandung: Alfabeta
Somad, Rismi dan Priansa, Donni Juni. 2014. Manajemen Komunikasi: Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Bandung: Alfabeta
Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Uchjana, Onong Effendy. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Artikel
plimbi Editor. 2011, 21 November. Sejarah Indosat dan Kisah Dibalik Kesuksesannya. (Online) plimbi.com: http://www.plimbi.com/news/3411/sejarah-indosat, diakses pada 13 Maret 2017
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.