EFEKTIVITAS INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE DESA WISATA BULUHCINA (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TERHADAP AKUN INSTAGRAM @DESABULUHCINA)
Kata Kunci:
Instagram Effectiveness, Visiting Decision, Buluhcina Tourism VillageAbstrak
The concept of communication established through social media Instagram is by sharing photos and videos along with descriptions of these posts so that they can attract attention to become followers. Users who are already connected can also interact with each other intensely by providing a comment column on the post. Instagram is widely used by travelers as a reference for tourist sites to be visited. One of them is the Instagram account @desabuluhcina which focuses on posting information related to tourism potential in the Tourism Village of Buluhcina, Riau Province. This study aims to describe the effectiveness of Instagram as a promotional medium for the decision to visit the tourist village of Buluhcina. The research method uses quantitative descriptive methods. The population in this study were 165 people (accounts), and 63 samples used the Taro Yamane formula with a precision of 10%. The data collection technique was carried out using questionnaires and observations on the Instagram account @desabuluhcina. The results of this study are based on the results of the calculation of the hypothesis test using the Pearson formula is 0.947 <0.05 and the coefficient of determination of the effectiveness of the Instagram @desabuluhcina account on the decision of visiting tourists is 90%. Then there is a very high influence of 90% between the effectiveness of Instagram on the @desabuluhcina account on the decision to visit the tourist village of Buluhcina.Referensi
Arens, William F. David H. Schaefer, dan Michael Weigold. 2009. Essencial of Contemporary Advertising. New York: MC. Graw Hill.
Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format
Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Flew, Terry. 2005. New Media an Introduction. 2nd Edition. New
York: Oxford University Press Nawawi, Hadari 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.
Singarimbun, Masri dan Effendi (2011). Metode Penelitian Survei. Jakarta: PT Pustaka LP3S Indonesia
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian pedidikan pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE
Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta : Pradnya Paramita
Wicaksono, Muhammad Arief. 2017. Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. Skripsi. Universitas Riau.
Unduhan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.