STRATEGI KOMUNIKASI ACCOUNT REPRESENTATIVE KPP PRATAMA BUKITTINGGI DALAM MENSOSIALISASIKAN E-FILING UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v8i1.7367Kata Kunci:
the strategy communication, e-filing, socializing, account representativeAbstrak
This study aims to determine the communication strategy of the KPP Pratama Bukittinggi Account Representative in disseminating e-filing to improve taxpayer compliance. The Directorate General of Taxes has set a strategic plan that is the migration of taxpayers to switch to using e-filing. In its implementation or implementation in the city of Bukittinggi, KPP Pratama Bukittinggi is required to succeed in the migration. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used in this study were interviews, documentation, and literature. The informants in this study amounted to 5 (five) Account Representatives using a purposive sampling technique. The results of the study indicate that the Account Representative has a plan for implementing e-filing socialization by approaching taxpayers using language, traditions, and customs of taxpayers. Provide education counseling that the delivery of notification letters (SPT) using e-filing is easier, does not need to be in line, and is safe. The conclusion of this study shows that the KPP Pratama Bukittinggi communication strategy starts from the plan, setting message objectives, approaching the traditions and habits of taxpayers, and using the right media.Referensi
Creswell, J.W., 2017. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif,
,Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Dwiyanto, A., 2012. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Effendy, O.U., 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Gregory, A., 2018. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public
Relations. Erlangga, Jakarta.
Liliweri, A., 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana, Jakarta.
Morissan., 2013. Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Prenadamedia Group, Jakarta.
Muhammad, A., 2018. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara, Jakarta.
Mulyana, D., 2016. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Nurdin, A 2013, ‘Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Pembangunan Jembatan Selat Sunda Di Propinsi Banten dan Lampung’, Jurnal Ilmu Komunikasi, hh 5-6.
Nurjaman, K., Khaerul U., 2012. Komunikasi dan Public Relations. CV. Pustaka Setia, Bandung.
Rakhmat, J., Idi S. I., 2016. Metode Penelitian Komunikasi. Simbiosa
Rekatama Media, Bandung.
Rohim, S., 2009. Teori Komunikasi Perspektif, Ragam, dan Aplikasi.
PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
UU KUP Pasal 7 (1) tentang denda tidak/terlambat Lapor SPT Tahunan
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79/PMK.01/2015 tentang Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP)
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 167 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak
Peraturan Direktur Jenderal Pajak, Nomor PER-1/PJ/2014 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan Formulir 1770S atau 1770SS secara e-filing
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.