EFEKTIVITAS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v2i2.2554Abstrak
Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas iklanlayanan masyarakat Gas LPG 3 Kg di media televisi Kota Pekanbaru. Variabel yang digunakan
adalah efektivitas iklan, kualitas pesan iklan, daya tarik iklan dan frekuensi penayangan iklan. Penelitian ini
mengambil sampel sebanyak 100 orang responden menggunakan teknik wawancara serta angket kuesioner.
Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu ibu rumah tangga yang pernah melihat iklan
layanan masyarakat Gas LPG 3 Kg di televisi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi
linear berganda dengan bantuan SPSS versi 17. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
deskriptif kuantitatif, analisis secara parsial dan simultan. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan
bahwa uji secara bersama-sama faktor kualitas pesan iklan, daya tarik iklan, dan frekuensi penayangan iklan
memberikan hubungan yang positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan layanan masyarakat Gas LPG 3 Kg
di televisi. Ketika dilakukan uji secara parsil terbukti bahwa dari ketiga variabel (kualitas pesan iklan, daya tarik
iklan dan frekuensi penayangan iklan) terbukti daya tarik iklan berpengaruh paling dominan terhadap efektivitas
iklan layanan masyarakat Gas LPG 3 Kg di televisi.
Kata Kunci: efektivitas iklan, kualitas pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi penayangan iklan
Unduhan
Diterbitkan
2015-01-27
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.