STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING MELALUI SLOGAN “BE STRONG” MEMBANGUN CITRA UNIVERSITAS LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v13i2.7634Abstract
Dalam era kompetisi global, institusi pendidikan tinggi perlu membangun citra yang kuat dan kredibel. Universitas Lampung meluncurkan slogan “Be Strong” sebagai strategi komunikasi corporate branding untuk memperkuat posisinya di ranah nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi corporate branding yang diterapkan melalui slogan tersebut serta mengevaluasi efektivitasnya berdasarkan teori Hatch dan Schultz yang berfokus pada keselarasan antara visi, budaya, dan citra. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unila berhasil mengintegrasikan nilai-nilai slogan ke dalam kehidupan kampus, baik melalui media digital, pelibatan sivitas akademika, maupun kolaborasi eksternal. Slogan “Be strong” memberikan dampak yang besar dalam memperkuat daya saing, reputasi, dan membangun identitas Unila memiliki ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan. Strategi ini dinilai cukup efektif karena berhasil mengkomunikasikan visi institusi, memperkuat budaya kolektif, dan memperbaiki citra publik Unila. Studi ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi branding institusi pendidikan tinggi.References
Mangold, WG. and Faulds, DJ. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.
Prasetyo, T. A., & Febriani, S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.
Universitas Lampung. (2024). Dokumen Profil dan Program Strategis Universitas Lampung 2024. Biro Perencanaan dan Humas Unila.
Utaridah, N., Fardiyan, A.R., Prasetya, Vito., & Wibawa, A. (2024). Media Relations Humas Melalui Model Erase Menyosialisasikan Citra Baru Pada Publik Dalam mempertahankan Reputasi Universitas Lampung. Metakom: Jurnal Kalian Komunikasi.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Sage Publications.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.