STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING MELALUI SLOGAN “BE STRONG” MEMBANGUN CITRA UNIVERSITAS LAMPUNG

Authors

  • Nanda Utaridah Universitas Lampung
  • vito Frasetyo
  • Dzaky Tamir Althafah

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v13i2.7634

Abstract

Dalam era kompetisi global, institusi pendidikan tinggi perlu membangun citra yang kuat dan kredibel. Universitas Lampung meluncurkan slogan “Be Strong” sebagai strategi komunikasi corporate branding untuk memperkuat posisinya di ranah nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi corporate branding yang diterapkan melalui slogan tersebut serta mengevaluasi efektivitasnya berdasarkan teori Hatch dan Schultz yang berfokus pada keselarasan antara visi, budaya, dan citra. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unila berhasil mengintegrasikan nilai-nilai slogan ke dalam kehidupan kampus, baik melalui media digital, pelibatan sivitas akademika, maupun kolaborasi eksternal. Slogan “Be strong” memberikan dampak yang besar dalam memperkuat daya saing, reputasi, dan membangun identitas Unila memiliki ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan. Strategi ini dinilai cukup efektif karena berhasil mengkomunikasikan visi institusi, memperkuat budaya kolektif, dan memperbaiki citra publik Unila. Studi ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi branding institusi pendidikan tinggi.

References

Mangold, WG. and Faulds, DJ. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.

Prasetyo, T. A., & Febriani, S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.

Universitas Lampung. (2024). Dokumen Profil dan Program Strategis Universitas Lampung 2024. Biro Perencanaan dan Humas Unila.

Utaridah, N., Fardiyan, A.R., Prasetya, Vito., & Wibawa, A. (2024). Media Relations Humas Melalui Model Erase Menyosialisasikan Citra Baru Pada Publik Dalam mempertahankan Reputasi Universitas Lampung. Metakom: Jurnal Kalian Komunikasi.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Sage Publications.

Downloads

Published

2025-05-30