LITERASI DIGITAL QUR’ANI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF MEREDUKSI HOAKS

Nurul Alamin, Luqyana Azmiya Putri

Abstract


Tulisan ini membahas mengenai literasi digital qur’ani sebagai upaya preventif mereduksi hoaks.  Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bermitra dengan Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei indeks literasi digital di Indonesia. Indeks Literasi Digital Indonesia tahun 2021 dengan skor sebesar 3,49 dengan skala 1 hingga 5. Statistik ini mewakili nilai rata-rata yang diperoleh dari survei yang dilakukan terhadap empat topik literasi yang secara aktif diprioritaskan oleh pemerintah yakni kompetensi media digital, budaya digital, etika digital, dan keamanan digital. Terdapat peningkatan skor sebesar 0,3 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Meski demikian, peningkatan ini belum signifikan karena literasi digital di Indonesia masih berada pada kategori sedikit di atas sedang. Menjelang pesta demokrasi pada 2024 nanti, hoaks politik yang berpotensi akan bermunculan di media sosial dan platform digital lain harus diwaspadai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian library research. Hasil tulisan ini didapatkan bahwa literasi digital Qur’ani mencakup beberapa pilar yakni keterampilan digital dalam surah Az-Zumar ayat 9, etika digital dalam surah Ali ‘Imran ayat159, dan keamanan digital.


Keywords


Al-Qur’an, Hoaks, Literasi Digital.

References


Al-Qurthubi, I. (2007a). Tafsir Al Qurthubi Jilid 15 (Fathurrahman & A. Hotib (trans.)). Pustaka Azzam.

Al-Qurthubi, I. (2007b). Tafsir Al Qurthubi Jilid 20 (Fathurrahman & A. Hotib (trans.)). Pustaka Azzam.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Ardiansyah, R., Afifah, S. N., & Mahfud, H. (2021). Kesadaran Mengenai Digital Safety di Kalangan Guru Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 05(1).

Ardiyanti, H. (2014). Cyber Security dan Tantangan Pengembangannya Di Indonesia. Jurnal Politica, 5(1).

Az-Zuhaili, W. (2003). Tafsir Al Munir: Akidah, Syariah & Manhaj Jilid 12 (A. H. al-Kattan, dkk (trans.)). Gema Insani.

Cahyo Prabowo, E., & Afrianto, I. (2017). Penerapan Digital Signature Dan Kriptografi PadaOtentikasi Sertifikat Tanah Digital. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 6(2).

Creswell, J. W. (2015). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Appoaches (S. Z. Qudsy (ed.); A. L. Lazuardi (trans.); 3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahanya. Syaamil Qur’an.

Dewi, M. S. R. (2019). Islam dan Etika Bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam). Research Fair Unisri, 3(1), 139–142.

Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368

Eshet, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1).

Hamka. (2015). Tafsir al-Azhar Jilid 2. Pustaka Nasional PTE LTD.

Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual dalam Perilaku Bermedia Masyarakat di Era Digital. 02(February).

Kominfo.go.id. (2022). Literasi Digital Masyarakat Indonesia Membaik. Online. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39858/literasi-digital-masyarakat-indonesia-membaik/0/artikel

Kominfo. (2019). Kominfo Temukan 3.356 Hoaks, Terbanyak saat Pemilu 2019. Online. https://www.kominfo.go.id/content/detail/21876/kominfo-temukan-3356-hoaks-terbanyak-saat-pemilu-2019/0/berita_satker

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2021). DAMPAK LITERASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR. 155–164.

Latip, A., Studi, P., Ilmu, P., & Alam, P. (2020). KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115.

Lestari, N., Amanah, S., Muljono, P., & Susanto, D. (2019). Pengaruh Profil Petani Pengelola Agrowisata terhadap Kapasitas Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Digital di Kabupaten Bojonegoro dan Malang, Provinsi Jawa Timur. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 5(1). https://doi.org/10.18196/agr.5176

Majid, Z. A. (2020). Refleksi Al-Qur’an Dalam Literasi Global (Studi Tafsir Maudhu’i Dalam Kajian Literasi). Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 81–90. https://doi.org/10.38153/alm.v3i2.33

Mawarni, P., Milama, B., & Sholihat, R. N. (2021). Persepsi Calon Guru Kimia Mengenai Literasi Digital Sebagai Keterampilan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2849–2863. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.28394

Mujib, A. (2016). Literasi Dalam Al-Quran Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Epistemologi Ilmu Pendidikan Islam.

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A. Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/107/105%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/287201763.pdf

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Payton, S., & Hague, C. (2010). Digital Literacy Professional Development Resource. Development.

Polizzi, G. (2020). Digital literacy and the national curriculum for England: Learning from how the experts engage with and evaluate online content. Computers & Education, 152, 103859. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103859

Porat, E., Blau, I., & Barak, A. (2018). Measuring digital literacies: Junior high-school students’ perceived competencies versus actual performance. Computers & Education, 126, 23–36. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.030

Pradana, Y. (2018). ATRIBUSI KEWARGAAN DIGITAL DALAM LITERASI DIGITAL. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168–182.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Rifai, A. S. (2015). PENDIDIKAN SEBAGAI PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN (Tinjauan Surat Ali Imran Ayat 159). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 4(1).

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Riyanto, W. F., & Abror, R. H. (2021). Filsafat Digital Integral: Reformulasi Program Literasi Digital Nasional di Era Pandemi Covid-19 di Indonesia. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 9(2), 203–322. https://doi.org/10.21043/fikrah.v9i2.11575

Sabilah, J., Nurfandi Riyanti, S., & Saputra, N. (2021). Kesiapan Kerja Generasi Milenial di DKI Jakarta Raya: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Digital. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 225–242. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.379

Shihab, M. Q. (1992). Membumikan Alqur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Mizan.

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol 15. Lentera Hati.

Sidyawati, L., Aviccienna, N. A., & Mahayasa, W. (2022). Literasi Keamanan Digital Untuk Meningkatkan Etika Berinternet Yang Aman Bagi Warga Desa Donowarih. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 696–701. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.1962

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (ke-3). Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan) (Edisi ke-3). Alfabeta.

Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420

Syafuddin, K., Jamalullail, & Rafi’i. (2023). Peningkatan Literasi Keamanan Digital Dan Perlindungan Data Pribadi Bagi Siswa Di Smpn 154 Jakarta. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 122–133. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.119

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155–2165.

Wulandari, I., Priatna, R., Andikaputra, F. A. ., & Program. (2022). SUMEDANG REGENCY ASN DIGITAL LITERACY (ASN Digital Literacy Improvement Strategy Sumedang Regency). Jurnal PubBis, 6(2), 192. https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i2.638.




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v13i1.7560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id