PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENUNJUKKAN EKSISTENSI DIRI

Yuni Kartika Nasution, Ainol Mardiah Mardiah

Abstract


Setiap orang tentunya memiliki langkah-langkah tertentu dalam menunjukkan eksistensi dirinya kepada orang lain, salah satunya melalui media sosial selain itu, setiap orang memiliki motif serta kesan yang ingin ditunjukkan melalui media sosial ini untuk eksistensi dirinya. Penelitian ini mengacu kepada penggunaan media sosial untuk menunjukkan eksistensi diri kalangan mahasiswa dengan menggunakan media sosial Instagram. Penelitian berfokus pada media sosial Instagram dan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana motif dan kesan mahasiswa menunjukkan eksisensi diri dengan akun media sosial Instagram. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi dilapangan jadi salah satu data dalam penelitian ini, yang memilih 7 Informan yaitu mahasiswa FISIP Unimal. Penelitian ini menggunakan teori mengelolaan kesan erving goffman yang memiliki dua komponen, yaitu motivasi pengelolaan kesan dan konstruksi pengelolaan kesan. Adapun motif mahasiswa menggunakan akun media sosial ini yaitu mahasiswa ingin lebih dikenal serta mendapat banyak relasi dan memiliki ruang lingkup yang lebih luas melalui media sosial ini, dengan mengunggah sesuatu tentang mereka melalui akun media sosial yang mereka miliki. Kemudian kesan yang ingin ditunjukkan yaitu kesan yang baik, terutama tentang dirinya dan kesan yang tidak merugikan orang lain. Dengan mengunggah sesuatu yang positif mahasiswa juga mengharapkan kesan baik dari orang yang melihat postingan mereka

 


Keywords


Eksistensi Diri, Instagram, Kesan,Motif, dan Mahasiswa

References


Buku

Sugiono.(2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RND. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Artikel jurnal

Alfiyah, E., & Jannah, R. (2014). Analisis Manajemen Kesan Pengguna Facebook. Jurnal Ilmiah E-SOSPOL, 1(I), 90–109. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/134548

Andi Cudai Nur, Haedar Akib, R. N. (2022). Eksistensi Administrasi Publik Pada Arus Globalisasi.

Ansori. (2015). Media sosial Instagram. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 3(April), 49–58.

Kurniasari Rani. (2018). Pemberian Motivasi serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Telekomunikasi Jakarta. Widya Cipta, II(1), 32–39.

Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 02, 52. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4198

Oktavia, D. A. R., & Sudaryanto, E. (2018). Motif Penggunaan Swafoto Sebagai Bentuk Eksistensi Diri Dalam Akun Instagram Representamen, 4(01), 1–9. https://doi.org/10.30996/representamen.v4i01.1420

Prasetyani, M. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Bentuk Eksistensi Diri Mahasiswa FTIK Universitas Semarang. Universitas Semarang, 1–7.

Rusdianah, M., & Witarti, D. I. (2021). … Kesan Penyiar Radio: Studi Dramaturgi Erving Goffman Pada Indra “the Rain” Penyiar Program Malam-Malam I-Radio 89.6 Fm Jakarta. Pantarei. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/668

Sari, I., & Hum, M. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 41–52.

Widayanti, M. A. (2019). Manajemen Kesan pada Akun Instagram Mahasiswa_Unesa Sebagai Ajang Eksistensi Diri. Jurnal Unesa, 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/download/28983/26534

Zakirah, D. M. A. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Membentuk Identitas Diri Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 91–101. https://doi.org/10.33367/kpi.v2i2.1116




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v12i2.7541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id