KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH SEPAK BOLA DALAM MEMOTIVASI PEMAIN DI TIM SEKOLAH SEPAK BOLA LUBANG BUAYA

Asrul Nur Iman, Sonny Mulyawan Mulyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pelatih Sekolah Sepak Bola Lubang Buaya dalam memotivasi pemain pada saat proses latihan. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan subjek dari penelitian ini adalah pelatih dan pemain Sekolah Sepak Bola Lubang Buaya. Adapun objek dari penelitian ini adalah proses komunikasi interpersonal pelatih dengan pemain. Teori yang digunakan yaitu Teori Penetrasi Sosial. Teknis Analisis Data dilakukan dengan cara Pengumpulan Data, Penyajian Data, Reduksi Data, serta Penarikan Kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil dari penelitian yaitu Motivasi yang diberikan oleh pelatih dari tim U-15 Sekolah Sepak Bola Lubang Buaya berjalan dalam komunikasi interpersonal meliputi empat tahap. Pada Tahap Orientasi  yaitu tahap dimana pelatih melakukan pendekatan terhadap pemain baru dengan cara perkenalan mendasar seperti pengenalan karakter pemain. Pada Tahap Pertukaran Penjajakan Afektif yaitu tahap dimana pemain mulai berani menyampaikan permasalahan motivasi nya kepada pelatih. Pelatih juga cukup terbuka dan memberikan solusi terkait permasalahan yang dialami pemain. Pada Tahap Pertukaran Afektif  yaitu tahap dimana pada saat peregangan pasca latihan, pelatih memberikan intruksi dan evaluasi terkait hasil latihan. Pelatih mengumpulkan beberapa pemain yang terlihat gugup, lalu pelatih memberikan semangat dan motivasi kepada pemain tersebut. Pemain pun lebih terbuka dalam berkomunikasi dengan pelatih. Interaksi terjalin dengan tanpa beban dan santai. Pada Tahap Pertukaran Stabil yaitu tahap dimana keterbukaan hubungan yang terjalin antara pelatih dan pemain secara keseluruhan. Tidak terjadi ketegangan atau kecanggungan dari hubungan pelatih dan pemain. Motivasi dari pemain berasal dari motivasi ekstrinsik, karena pelatih sangat aktif dalam memberikan semangat, dorongan, dan juga dukungan kepada pemain untuk lebih berprestasi.


Keywords


komunikasi interpersonal, motivasi, pelatih, sepak bola, teori penetrasi sosial

References


Aly, E. R. (2014). Communication management among athlete and coaches.(Report). European Scientific Journal, 3 SE(September).

Harahap, H. S. (2016). Pemberdayaan lurah perempuan dalam komunikasi pembangunan. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi …, 1(September 2016).

Hastria Effendi. (2016). Peranan Psikologi Olahragadalam Meningkatkan Prestasi Atlet. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 1.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa.

Rohman, U. (2018). Profil Kompetensi Pelatih Sepakbola Usia Dini. Journal Sport Area, 3(2). https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2161

Saputro, S. K. (2013). Proses Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih yang Merangkap Sebagai Atlet dengan Atlet Panjat Tebing yang Dilatihnya.

Widayat Prihartanta. (2015). Teori-Teori Motivasi . Jurnal Adabiya, Vol.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id