STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LIVING WORLD PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN TRAFFIC PENGUNJUNG

Authors

  • ilham ghazali fahrizal
  • Ringgo Eldapi Yozani

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v12i2.7531

Keywords:

Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Traffic Pengunjung

Abstract

Mal dapat memenuhi berbagai kebtuhan konsumen seperti kegiatan berbelanja, termasuk Living World Pekanbaru yang tergolong salah satu pusat perbalanjaan baru di kota Pekanbaru. Living World Pekanbaru memiliki jumlah pengunjung yang tidak stabil atau fluktuasi. Stategi pemasaran sudah dilakukan oleh pihak mal dengan upaya meningkatkan traffic pengunjung dengan berbagai konten dan kegiatan-kegiatan seperti event, media sosial dan juga sales promotion. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan mengunakan model AIDDA. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan mewawancarai 5 informan, serta melakukan observasi dan dokumentasi. Serta mengunakan teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Living World Pekanbaru telah menjalankan berbagai strategi komunikasi pemasaran mereka dalam meningkatkan jumlah pengunjung, event memiliki dapak yang besar dalam menarik pengunjung namun dengan waktu yang tidak tentu, sosial media dapat menarik pengunjung dengan jangkauan jauh dan sales promotion tidak memiliki dampak yang besar dalam menarik pengunjung namun dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pihak tenant mal. Terdapat kendala maupun kelebihan oleh pihak mal dalam menjalankan strateginya hingga pentingnya perencanaan rancangan strategi dan juga eveluasi untuk pihak mal dapat terus berkembang.

Published

2023-09-29