STRATEGI HUMAS RADIO HIDAYAH103.4 FM PEKANBARU DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PENDENGAR

Authors

  • Rizka Annisa Andhani
  • Evawani Elysa Lubis

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v12i2.7529

Keywords:

Strategi Humas, Radio, Loyalitas Pendengar

Abstract

Radio Hidayah 103.4 FM merupakan radio dakwah di kota Pekanbaru yang mempunyai divisi humas bertugas membuat strategi untuk mempertahankan loyalitas pendengarnya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari lima orang yang berkaitan langsung dengan strategi humas. Studi ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mencapai keabsahan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, dari tujuh jenis strategi humas hanya empat jenis strategi yang diterapkan oleh humas Radio Hidayah 103.4 FM Pekanbaru dalam mempertahankan loyalitas pendengar yaitu: publikasi, event (acara), corporate identity (citra perusahaan), dan corporate social responsibility (CSR). Evaluasi dari strategi yang diterapkan oleh humas Radio Hidayah 103.4 FM dalam mempertahankan loyalitas pendengar dilakukan secara keseluruhan satu bulan sekali dengan berkumpul bersama kepala dan penyiar Radio Hidayah. Tujuannya untuk kekurangan atau kesalahan dari strategi yang sudah diterapkan sebelumnya, agar diperbaiki dan menjadi pertimbangan untuk kedepannya.

Published

2023-09-30