PENGARUH TERPAAN MEDIA INSTAGRAM @PEKANBARUKULINER TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v11i2.7524Keywords:
Instagram, Terpaan Media, Uses and GratificationAbstract
Kemajuan dan perkembangan teknologi yang terus signifikan membuat manusia berusaha untuk menyesuaikan diri dan mengikuti perkembangannya. Salah satu akun yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai media penyebaran informasi kuliner adalah akun @Pekanbarukuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan media instagram @pekanbarukuliner terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification sebagai dasar dalam pengujian penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form kepada 277 responden pada followers akun instagram @Pekanbarukuliner dan teknik menentukan sample menggunakan simple ramdom sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien Y = 4,962 + 0,880 X, dan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari α = 0,05. Nilai tabel kurang dari nilai hitung, yaitu 17,154 lebih besar dari 1,968, yang menunjukkan bahwa perhitungan hipotesisnya menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, model summary menemukan nilai Rsquare sebesar 0,517 dan nilai R sebesar 0,712, yang menunjukkan bahwa terpaan media instagram @Pekanbarukuliner secara bersamaan memiliki dampak yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi.References
Ardianto, Elvinaro & Komala, L. 2004.
Komunikasi Massa dan
Pengantar Komunikasi
Massa. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Ardial. 2014. Paradigma dan Model
Penelitian Komunikasi.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram
Handbook. Jakarta: Media
Kita.
Kriyantono. 2006. Teknik Praktis Riset
Komunikasi. Jakarta:
Kencana Prenada Media
Grup.
Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi
Suatu Pengantar.
Bandung:Remaja
Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial:
Prosedur, Tren, dan Etika.
Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi
Massa. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Silalahi. 2003. Metode Penelitian dan Studi
Kasus. Sidoarjo: Citra
Media.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif. Bandung:
Alfabeta.
Vera, N. 2016. Komunikasi Massa (Y.
Sartika, ed.). Bogor : Ghalia
Indonesia.
Walgito, Bima. 2010. Pengantar Psikologi.
Jakarta: Andi.
Werner J. Severin, James W. Tankard.
Teori Komunikasi.
Edisi Kelima. Jakarta:
Kencana.
HaenLein, A. K. & M. (2010). User Of The
World, Unite. The Challenges and
Opportunities Of Social Media,
Business Horizons.
Hariningrum, Annisa. (2022). Pengaruh
Terpaan Akun Twitter
@ohmybeautybank Terhadap
Pemenuhan Kebutuhan Informasi
Kosmetik dan Kecantikan (Survei
pada Followers
@ohmybeautybank). Jurusan Ilmu
Komunikasi. Universitas
Muhammadiyah Surakarta. Helen, Farid Resti. (2018). Pengaruh
Penggunaan Media Sosial Akun
Instagram @Jktinfo Terhadap
Pemenuhan Kebutuhan Informasi
Followers. Fakultas Ilmu
Komunikasi. Universitas
Tarumanegara. Vol.2 No.2, 355-
Herlina, N. (2017). Efektivitas Komunikasi
Akun Instagram @Sumbar_rancak
sebagai Media Informasi Online
Pariwisata Sumatera Barat. Jom
Fisip, 4(2), 1-12.
Munawwaroh, Putri Raudatul . (2018).
Pengaruh terpaan media pada
akun instagram @exploresiak
terhadap minat kunjungan wisata
ke Siak Sri Indrapura. Ilmu
Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik. Universitas Riau.
Novriani, Venny. (2019). Motif
penggunaan akun instagram
@jonan_55 dan kepuasan
followers dalam mendapatkan
hiburan. Vol (6).
Purbohastuti, A. (2017). Efektivitas Media
Sosial Sebagai Media Promosi.
Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-
Putri, Mayangsari Dwinta. (2016).
Pengaruh posting singerfoodies di
instagram terhadap minat
followers dalam berwisata kuliner.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik. Universitas Lampung.
Rossza , Desi Aspika. (2020). Pengaruh
Media Sosial Instagram @halodoc
Terhadap Pemenuhan Kebutuhan
Informasi Kesehatan Followers.
Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik. Universitas
Riau.
Wiryawan, Muhamad Andi, dan Widyo
Nugroho. Pengaruh terpaan akun
instagram @bekasifood terhadap
preferensi dalam memilih kuliner di
Bekasi. Fakultas Ilmu Komunikasi.
Universitas Gunadarma. Vol (3)
No.(2). Jurnal e-komunikasi.
Willianti, Cassandra, dan Roswita
Oktavianti. (2019). Pengaruh motif
penggunaan media sosial
instagram terhadap kepuasan
konsumen (studi pada followers
@pluffyschoice). Vol (3) No.(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.