PERSEPSI NETIZEN TERHADAP NETIKET DI SOSIAL MEDIA (Studi Terhadap Persepsi Mahasiswa Di Kota Banda Aceh)
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v12i1.7511Keywords:
Mahasiswa, Media Sosial, Netiket, Netizen, Persepsi.Abstract
PERSEPSI NETIZEN TERHADAP NETIKET DI SOSIAL MEDIA (Studi Terhadap Persepsi Mahasiswa Di Kota Banda Aceh)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa di Banda Aceh terhadap etiket di media sosial. Sebanyak 13 mahasiswa di Kota Banda Aceh terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan snowball sampling technique. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap pentingnya penerapan etiket di media sosial. Narasumber setuju bahwa penerapan etiket di media sosial sama penting dengan penerapan etiket di dunia nyata. Namun, sebaliknya memiliki persepsi negatif terhadap pelanggaran netiket bermedia sosial. Beberapa jenis pelanggaran netiket yang sering dijumpai adalahmhoax/prank, perundungan (bullying), penyalahgunaan hak cipta, dan tindakan tabu atau tidak sopan. Netizen menyarankan agar pengguna media sosial lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Penelitian ini juga menunjukan rendahnya literasi mahasiswa mengenai netiquette di media sosial, oleh karenanya, disarankan agar pihak perguruan tinggi memberikan materi khusus mengenai pentingnya menjaga etiket dalam bermedia sosial.
References
Agushar, K. B. Z., & & Sukendro, G. G. (2022). Persepsi Remaja Kota Purwokerto terhadap Konten Dark Joke pada Media Sosial Youtube. Journal Untar.Ac.Id, 6(Vol. 6 No. 2 (2022): Koneksi), 236–245.
Amaliya, L., & Setiaji, K. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya dan status ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 6(3).
Bhanot, S. (2012). Use of social media by companies to reach their customers. In SIES Journal of Management (Vol. 8, Issue 1).
Briggs, A., Burker, P., & Rahman Zainuddin, A. (2006). Sejarah Sosial Media: Dari Gutterberg sampai Internet: Vol. I (I). Yayasan Obor Indonesia.
Christakis, A. N., & Flower H. James. (2010). Connected: Dahsyatnya Kekuatan Jejaring Sosial Mengubah hidup kita. Gramedia Pustaka Utama.
Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1). https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.82
M Ivan Mahdi. (2022, February 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Dataindonesia.Id.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.
Novina Bestari. (2022, January 20). 76,8% Warga RI sudah Pakai Internet, Tapi banyak PR-nya. CNBC Indonesia.
Rakhmat, J. (2007). Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Vandijk, J. (2012). The Network Society (3rd ed.). Sage Publications.
WANTIKNAS. (2020). Akses Digital Meningkat Selama Pademi. WANTIKNAS
Wood, A. F., & Smith, M. J. (2004). Online communication: Linking technology, identity, and culture. In Online Communication: Linking Technology, Identity, & Culture. https://doi.org/10.4324/9781410611321
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.