Pola Komunikasi Buzzer menyikapi kebijakan pemerintah menaikan harga BBM 2022
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v12i1.7510Keywords:
Buzzer, Pola komunikasi, Kebijakan pemerintahAbstract
Perkembangan teknologi membawa fenomena baru yaitu buzzer. Buzzer digunakan untuk membuat sebuah topik yang hangat diperbincangkan di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola komunikasi buzzer dalam menyikapi kenaikan BBM 2022. Riset ini memakai paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buzzer menggunakan pola komunikasi sekunder dalam praktiknya, buzzer membagikan narasi mengenai kenaikan BBM 2022 melalui media sosial untuk membuat khalayak mempengaruhi dengan narasi yang telah dibuat.
References
Akmal, I., & Irwansyah. (2020). Peran Aktivitas Media Sosial (Buzzer) Sukarela: Studi Kasus Member Independen Herbalife Nutrition. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Briliana, C. N., & Destiwati, R. (2018). Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur “HAMURinspiring” Di Media Sosial Line. Jurnal Manajemen Komunikasi, 34-50.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, M., Abdillah, O., Wicaksono, A., & Adriani, M. (2015). Buzzer Detection and Sentiment Analysis for Predicting Presidential Election Results in a Twitter Nation. IEEE International Conference on Data Mining Workshops.
Juditha, C. (2019). Buzzer di Media Sosial Pada Pilkada dan Pemilu Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika (hal. 199-212). .
Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges of Social Media. Business Horizons, 59-68.
NUGRAHA, I. S. (2020). ANALISIS PENGARUH BUZZER POLITIK DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP LITERASI POLITIK GENERASI MILENIAL (Survey Terhadap Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNPAS Bandung Angkatan 2017-2019). Doctoral dissertation, FKIP UNPAS.
Nurudin. (2019). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Presada.
Permata, S. (2013). POLA KOMUNIKASI JARAK JAUH ANTARA ORANG TUA DENGAN ANAK (STUDI PADA MAHASISWA FISIP ANGKATAN 2009 YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH). ACTA DIURNA KOMUNIKASI.
Sabirin, D. M. (2020). ANALISIS PERILAKU BUZZER POLITIK DALAM KASUS . Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE.
Sugiono, S. (2020). Fenomena Industri Buzzer Di Indonesia: Sebuah Kajian Ekonomi Politik Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, fan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. JURNAL SIMBOLIKA: RESEARCH AND LEARNING IN COMMUNICATION STUDY (E-JOURNAL).
Wardani, W., Suriana, Arfah, S. U., Zulaili, & Lubis, P. S. (2022). Dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Inflasi dan Implikasinya Terhadap Makroekonomi di Indonesia. All Fields Of Sciences Journal Liaison Academia and Society, 63-70.
WARIEDA . (2022). PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANGUN BUDAYA DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOMUNIKASI DUA TAHAP (TWO STEP FLOW OF COMMUNICATION). VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.