ANALISIS RESEPSI AUDIENCE MENGENAI QUARTER LIFE CRISIS PADA LAGU “TAKUT” KARYA IDGITAF

Hanifah Rahmanita, Ismandianto Ismandianto

Abstract


Lagu ini menceritakan bagaimana ketakutan untuk menjadi dewasa, akan tetapi harus tetap melangkah demi meraih mimpi-mimpinya. Kondisi inilah yang disebut sebagai quarter life crisis. khalayak yang mendengarkan lagu ini menciptakan pemaknaan yang berbeda sesuai latar belakang yang dimiliki. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada analisis resepsi. Adapun data penelitian diperoleh dengan cara melalui proses observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan delapan orang informan yang dipilih dengan teknik purposive. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa tujuh dari delapan informan meresepsi atau setuju dengan pesan yang disampaikan (dominant) mengenai quarter life crisis pada lagu “Takut” karya Idgitaf. Kedua, beberapa informan yang setuju dengan pesan yang disampaikan dalam lagu tersebut, memberikan beberapa pengecualian (negotiated). Kemudian yang ketiga, pada penelitian ini terdapat tiga dari delapan informan yang berada dalam posisi menolak (oppositional) dari beberapa pesan quarter life crisis pada lagu tersebut, berdasarkan referensi yang mereka miliki.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v12i1.7507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id