PENGGUNAAN APLIKASI PESAN WHATSAPP DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GELATIK SUPRA PEKANBARU

Sahira Nadia Eka Putri, Rumyeni Rumyeni

Abstract


Aplikasi pesan WhatsApp semakin luas penggunaannya dalam kehidupan masyarakat. Saat ini, WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai media obrolan antar keluarga dan teman, lebih dari itu WhatsApp juga digunakan untuk menunjang aktivitas karyawan dalam bekerja di sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi pesan WhatsApp terhadap kinerja karyawan PT. Gelatik Supra Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden penelitian adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT. Gelatik Supra Pekanbaru yang berjumlah 98 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan uji statistik menggunakan software SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi pesan WhatsApp terhadap kinerja karyawan pada PT. Gelatik Supra Pekanbaru. Nilai koefisien determinasi (Rsquare) adalah sebesar 0.086, bermakna kinerja karyawan di PT. Gelatik Supra Pekanbaru sebesar 8,6% dipengaruhi oleh media sosial WhatsApp sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Kata kunci: Media sosial, kinerja karyawan, WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio, 4(1), 41–50.

Mayfield, Antony. 2008. Whats is Social Media?. London: icrossing. http://ebooksoneverything.com/m arketing/WhatisSocialMedia.pdf

Bungin, B. (2011). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Gusnetti. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Garuda Indonesia Pekanbaru. JOM FISIP, 1, 1–11.

Jaya, K. 2021. Pemanfaatan Media Komunikasi WhatsApp untuk Mengoptimalkan Kinerja Jurnalis di Tengah Pandemi Covid-19. Widya Duta, Vol 16 (2)

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar.

Musdalifah & Iswandari, R. 2020. Pengaruh Penggunaan Media WhatsApp terhadap Kinerja Karyawan. SEBATIK, Vol. 24 (2).

Siagian, S. P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Sitepu, E & Sagala, N. 2021. Pengaruh Komunikasi Melalui Grup WhatsApp untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di PT. Smartphone Lenovo Medan. Social Opinion, Vol. 6 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id