PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS ONLINE SHOP INSTAGRAM @KPOPCONNECTION
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v10i1.7454Abstract
Pada generasi saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat akses Internet menjadi mudah dan cepat sehingga memunculkan pergeseran teknologi pemasaran. Internet menjadi salah satu faktor pendukung dalam keberhasilan perusahaan dan pengusaha untuk memperoleh keuntungan dalam lingkup yang lebih luas. Salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pengusaha dalam melakukan perdagangan yaitu melalui digital marketing/pemasaran online, dengan adanya digital marketing dapat menghubungkan penjual dengan konsumen, serta penjual dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang ditargetkan, dan menarik minat beli pembeli untuk melakukan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 398 orang responden customer online shop @Kpopconnection. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien Y = 6,037 + 0,840 X, dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 30,867 > 1,966, arti dari perhitungan hipotesisnya adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat juga perhitungan statistik yang diperoleh didalam model summary nilai Rsquare sebesar 0,706 dan nilai R sebesar 0,840, artinya digital marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Online Shop.
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku penulis tunggal
Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Kemal, Ade dan Lana Sularto. 2001. Introduction To E-Commerce. Jakarta: Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rustan, Ahmad Sultra dan Nuhakki Hakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.
YB, Anang. 2010. Sukses Bisnis Toko Online. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (e-book).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rachmadi, Tri. 2020. The Power Of Digital Marketing.
Artikel Jurnal:
Liesander, Indra. 2017. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timur.
Nugraini, Erna Dwi. 2016. Fanatisme Remaja Terhadap Musik Populer Korea Dalam Perspektif Psikologi Sufistik (Studi Kasus terhadap EXO-L).
Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga.
Shahnaz, Nanda Bella Fidanty dan Wahyono. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online.
Winaldi, Ferama Thalia Clarinita. 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Fore Coffee.
Skripsi, Tesis, Disertasi :
Dewi, Afriani 2019. Pengaruh Motivasi Kerja dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pada RSIA Eria Bunda Pekanbaru.
Seftiani, Shinta. 2019. Pengaruh Tayangan Boyband BTS Di Aplikkasi Vlive Terhadap Perilaku Imitasi Pada Komunitas Media Sosial Line Army Riau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.