PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS ONLINE SHOP INSTAGRAM @KPOPCONNECTION

Siti Khoziyah, Evawani Elysa Lubis

Abstract


Pada generasi saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat akses Internet menjadi mudah dan cepat sehingga memunculkan pergeseran teknologi pemasaran. Internet menjadi salah satu faktor pendukung dalam keberhasilan perusahaan dan pengusaha untuk memperoleh keuntungan dalam lingkup yang lebih luas. Salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pengusaha dalam melakukan perdagangan yaitu melalui digital marketing/pemasaran online, dengan adanya digital marketing dapat menghubungkan penjual dengan konsumen, serta penjual dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang ditargetkan, dan menarik minat beli pembeli untuk melakukan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 398 orang responden customer online shop @Kpopconnection. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien Y = 6,037 + 0,840 X, dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 30,867 > 1,966, arti dari perhitungan hipotesisnya adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat juga perhitungan statistik yang diperoleh didalam model summary nilai Rsquare sebesar 0,706 dan nilai R sebesar 0,840, artinya digital marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Online Shop.


References


DAFTAR PUSTAKA

Buku penulis tunggal

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Kemal, Ade dan Lana Sularto. 2001. Introduction To E-Commerce. Jakarta: Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rustan, Ahmad Sultra dan Nuhakki Hakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.

YB, Anang. 2010. Sukses Bisnis Toko Online. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (e-book).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rachmadi, Tri. 2020. The Power Of Digital Marketing.

Artikel Jurnal:

Liesander, Indra. 2017. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timur.

Nugraini, Erna Dwi. 2016. Fanatisme Remaja Terhadap Musik Populer Korea Dalam Perspektif Psikologi Sufistik (Studi Kasus terhadap EXO-L).

Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga.

Shahnaz, Nanda Bella Fidanty dan Wahyono. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online.

Winaldi, Ferama Thalia Clarinita. 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Fore Coffee.

Skripsi, Tesis, Disertasi :

Dewi, Afriani 2019. Pengaruh Motivasi Kerja dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pada RSIA Eria Bunda Pekanbaru.

Seftiani, Shinta. 2019. Pengaruh Tayangan Boyband BTS Di Aplikkasi Vlive Terhadap Perilaku Imitasi Pada Komunitas Media Sosial Line Army Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id