STRATEGI KOMUNIKASI BPKAD PROVINSI RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI RIAU ELEKTRONIK SISTEM ASET MANAJEMEN

Authors

  • Muhammad Al Amin Amlas Universitas Riau
  • Welly Wirman Universitas Riau
  • Anuar Rasyid Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v9i2.7442

Abstract

Abstrak
Penggunanaan teknologi informasi oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat. Perkembangan teknologi informasi tersebut diaplikasikan oleh Pemerintahan Provinsi Riau dengan meluncurkan aplikasi berbasis android bernama RESAM. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi Riau. Ada lima hal yang merupakan fokus penelitian ini yaitu Analisis masalah, target sasaran, penggunaaan media, strategi komunikasi dan Evaluasi komunikasi yang dilakukan oleh BPKAD Provinsi Riau dalam mensosialisasikan Aplikasi RESAM. Tujuannya adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Riau Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Riau Elektronik Sistem Aset Manajemen (Resam). Penelitian ini mengambil informan sebanyak 5 orang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Komunikasi yang dibangun oleh Team Resam pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah bersifat dua arah atau yang lebih dikenal dengan two ways communication. Komunikasi dua arah atau two ways communication merupakan proses komunikasi dimana terjadi timbal balik (feedback) atau respon saat pesan dikirimkan oleh sumber atau pemberi pesan kepada penerima pesan. Sosialisasi yang dibangun bersifat formal, dimana seluruh OPD yang ada dilingkungan Provinsi Riau sebagai target sasaran primer.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Sistem Manajemen, Aplikasi Resam, BPKAD Provinsi Riau

References

Daftar Pustaka

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. In Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Harsono, S. (2017). Strategi Komunikasi Paguyuban Mojang Jajaka Mengenai Sosialisasi Pariwisata dan Kebudayaan di Jawa Barat. Perpustakaan.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Ihromi, T. O. (2004). Berbagai Kerangka Konseptual dalam Pengkajian Keluarga, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna, edisi pertama cetakan ke-1. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Published

2021-06-17

Issue

Section

Articles