STRATEGI KOMUNIKASI BPKAD PROVINSI RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI RIAU ELEKTRONIK SISTEM ASET MANAJEMEN
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v9i2.7442Abstract
AbstrakPenggunanaan teknologi informasi oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat. Perkembangan teknologi informasi tersebut diaplikasikan oleh Pemerintahan Provinsi Riau dengan meluncurkan aplikasi berbasis android bernama RESAM. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi Riau. Ada lima hal yang merupakan fokus penelitian ini yaitu Analisis masalah, target sasaran, penggunaaan media, strategi komunikasi dan Evaluasi komunikasi yang dilakukan oleh BPKAD Provinsi Riau dalam mensosialisasikan Aplikasi RESAM. Tujuannya adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Riau Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Riau Elektronik Sistem Aset Manajemen (Resam). Penelitian ini mengambil informan sebanyak 5 orang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Komunikasi yang dibangun oleh Team Resam pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah bersifat dua arah atau yang lebih dikenal dengan two ways communication. Komunikasi dua arah atau two ways communication merupakan proses komunikasi dimana terjadi timbal balik (feedback) atau respon saat pesan dikirimkan oleh sumber atau pemberi pesan kepada penerima pesan. Sosialisasi yang dibangun bersifat formal, dimana seluruh OPD yang ada dilingkungan Provinsi Riau sebagai target sasaran primer.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Sistem Manajemen, Aplikasi Resam, BPKAD Provinsi Riau
References
Daftar Pustaka
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. In Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Harsono, S. (2017). Strategi Komunikasi Paguyuban Mojang Jajaka Mengenai Sosialisasi Pariwisata dan Kebudayaan di Jawa Barat. Perpustakaan.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Ihromi, T. O. (2004). Berbagai Kerangka Konseptual dalam Pengkajian Keluarga, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna, edisi pertama cetakan ke-1. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.