KOMUNIKASI PEMERINTAHAN MEMANFAATKAN CYBER PUBLIC RELATIONS OLEH PEMERINTAH PROVINSI RIAU PADA ERA DISRUPTIF

Asril Darma, Suyanto Suyanto

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian menjelaskan tujuan Pemerintahan Provinsi Riau menggunakan Cyber Public Relations untuk Komunikasi Pemerintahan, mendeskripsikan manfaat penggunaan Cyber Public Relations untuk Komunikasi Pemerintahahan dan mendeskripsikan model Komunikasi Pemerintahan Pemerintah Provinsi Riau Menggunakan Cyber Public Relations. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan peneliti sebagai instrumen utama penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data lapangan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan tujuan Pemerintah Provinsi memanfaatkan Cyber Public Relations untuk Komunikasi Pemerintahan, yakni untuk (a) Menjalankan Amanah UU 14/2008 Tentang Ketebukaan Informasi Publik (KIP), (b) Sinergi Informasi Pemerintah Provinsi Riau dengan Kabupaten/Kota dan Nasional, (c) Mempermudah Akses Pembangunan ke Masyarakat, (d) Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan (e) Memangkas Birokrasi Informasi. Penggunaan Cyber Public Relations sangat bermanfaat untuk menyampaikan Komunikasi Pemerintahan Pemerintah Provinsi Riau kepada masyarakat. Di antaranya; (a) Masyarakat Mendapatkan Informasi Aktual, Cepat dengan Jangkauan Luas, (b) Memulihkan Kepercayaan Masyarakat, (c) Sarana Komunikasi Saat Bencana (d) Hemat Biaya dan, (e) Interaktif dan Responnya Cepat. Berdasarkan analisis model komunikasi Model Public Relations (PR) Grunig dan Hunt, Komunikasi Pemerintahan melalui Cyber Publik Relations oleh Pemerintah Provinsi Riau masih dominan model satu arah.
Kata Kunci: Komunikasi Pemerintahan, Cyber Public Relations, Media Sosial

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, Elvinaro. (2013). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa.

A.M, Morissan. (2013). Teori Komunikasi , Individu Hingga Massa, Jakarta : Prenada Media Grup.

Cutlip, Center, Broom. (2009). Effektive Public Relations.Jakarta: Kencana.

Hasan, Erliana. (2005).Komunikasi Pemerintahan. Bandung: PT Refika Aditama.

Hasan, Erliana, Paradigma Komunikasi Pemerintahan, Modul 1 Pembelajaran Universitas Terbuka.

Kartikasari, N. (2017).Viral: Gebrakan Kekinian Public Relations di Era Digital. Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (2017).Disruption: tak Ada yang tak Bisa Berubah Sebelum dihadapi Motivasi Sajatidak Cukup. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kriyantono Rachmat (2014), Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta, Pranada Media Grup.

Kriyantono, Rachmat (2014),Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal, Jakarta : Pranada Media Grup.

Laksamana, A. (2018). Public Relations in the Age of Disruption. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Mulyana Deddy. (2005).Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rully(2014), Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia), Jakarta, Kakilangit Kencana.

Nova, Firsan.(2011). Crisis Public Relatons Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kementerian Kominfo RI (2018), Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintahan, Jakarta: Dirjen IKP Kemenkominfo RI.

Onggo, Bob Julius (2004), E-PR Menggapai Publisitas di Era Interaktif Lewat Media Online. Yogyakarta: Andi.

Rakhmat Jalaluddin (2018), Psikologi Komunikasi, Bandung, Simbiosis Rekatama Media.

Ruslan, Rosady. (2014).Manajemen Humas dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta

Jurnal :

Asri H Rahmat (2018), Strategi Komunikasi Humas Polda D. I. Yogyakarta Melalui Skill Digital Savvy Di Era Disruptif, EXPOSE – Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1.No. 2.

Harrera EP Andrea, Pemanfaatan Media Sosial Twitter Oleh Ridwan Kamil Dan Ganjar Pranowo Telah Sesuai Dengan Fungsi Utama Media Massa, Jurnal The Mesangger Vol 2 Nomor 8 Tahun 2016.

Kurnia, Novi, Perkembangan Teknoogi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi, Jurnal Komunikasi Mediator 6 (2), 291-296, 2005

Mistar G Dwi,Dewi M, Komunikasi Krisis Pemerintahan (Studi Kasus Pada Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi Riau Pasca Kasus Suap Annas Maamun Tahun 2014, Jurnal Komunikasi UII Yogyakarta, Vol 11 Nomor 2 Tahun 2017

Munandar H, Suherman M, Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial,Prosiding Hubungan Masyarakat, ISSN: 2460-6510, Gelombang 1 , Tahun Akademik 2015-2016.

Silalahi, Ulber (2004), Komunikasi Pemerintahan: Mengirim Dan Menerima Informasi Tugas Dan Informasi Publik, Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3, No. 1.

Yazid P Tantri, Implementasi Cyber Public Relations Melalui Pengelolaan Website Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, The Mesengger Volume VIII, Nomor 2, Edisi Juli 2016The Mesengger Volume VIII, Nomor 2, Edisi Juli 2016.

Peraturan/Regulasi :

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Ketebukaan Informasi Publik.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatka (Permenkominfo) RI Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika.

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56 Tahun 2019 Tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 83 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pemanfaaatan Media Sosial Instansi Pemerintah

Peraturan Gubernur (Pergub) Riau Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Riau.

Peraturan Gubernur Nomor 77 Tahun 2019 Tentang Susunan Organisasi Dinas Kominfotik Provinsi Riau

Sumber Internet/Lain :

Cahyono, Eddy (2018), Paradigma Baru Komunikasi Pemerintah di Era Digital.(http://www.neraca.co.id/article/106875/paradigma-baru-komunikasi-pemerintah-di-era-digital) (Artikel diakses 2 Juni 2019).

Kompas.com, APJII : Jumlah Pengguna Internetdi Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa.

(https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa). (Artikel diakses 2 Juli 2019)

Katadata.co.id, APJII : Sumatera Utara Pengguna Internet Terbesar di Pulau Sumatera.

(https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/survei-apjii-sumatra-utara-pengguna-internet-tebesar-di-pulau-sumatra). (Artikel diakses 2 Juli 2019)

Riau.go,id, Informasi Umum Provinsi Riau

Inspirasi , Transformasi Humas Dalam Era Revolusi 4.0, Edisi 20, Januari 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id