INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PT INDOSAT DALAM MENSOSIALISASIKAN PERUBAHAN CORPORATE IDENTITY KEPADA PUBLIK

Authors

  • Annisarizki Annisarizki
  • Tselvina Utamy

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v9i1.7392

Keywords:

Integrated Marketing Communication, Sosialisasi, Corporate Identity, Rebranding

Abstract

Corporate Identity merupakan suatu elemen perusahaan yang harus diketahui oleh khalayak sebagai tanda pengenal yang memungkinkan perusahaan dikenal atau dibedakan dari perusahaan yang lainnya. Dalam hal ini, Indosat telah bertransformasi dengan melakukan rebranding Indosat menjadi Indosat Ooredoo sehingga perlu merancang dan mengorganisasi informasi terkait rebranding melalui sebuah konsep Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam sosialisasi perubahan corporate identity yang dilakukan oleh marketing communication Indosat Ooredoo untuk memberikan kesadaran dan pengetahuan akan merek melalui Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu advertising melalui media above the line (ATL) dan below the line (BTL), direct marketing dan pemasaran interaktif melalui gerai dan mitra outlet, sales promotion melalui promo internet, personal selling melalui penjualan di outlet dan public relations melalui launching, publisitas, gathering dan event.

References

A, Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi. Jakarta: Erlangga

Cultip, Scott M, Center. Broom, Glen M. 2009. Effective Public Relations: Edition 9. Jakarta: Kencana

Engel, James F, dkk. 2012. Perilaku Konsumen: Jilid 1. Tangerang: Binarupa Aksara

Kriyantono, Rachmat. 2014. Public Realtions Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Bandung: PT Rosdakarya

Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. 2014. Teori Komunikasi: Edisi 9 Theories of huhman communication. Jakarta: Salemba Humanika

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

------------ 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Soemanagara. 2012. Strategi Marketing Communications: Konsep Strategis dan Terapan.Bandung: Alfabeta

Somad, Rismi dan Priansa, Donni Juni. 2014. Manajemen Komunikasi: Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Bandung: Alfabeta

Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Uchjana, Onong Effendy. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Artikel

plimbi Editor. 2011, 21 November. Sejarah Indosat dan Kisah Dibalik Kesuksesannya. (Online) plimbi.com: http://www.plimbi.com/news/3411/sejarah-indosat, diakses pada 13 Maret 2017

Downloads

Published

2020-08-20

Issue

Section

Articles