INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PT INDOSAT DALAM MENSOSIALISASIKAN PERUBAHAN CORPORATE IDENTITY KEPADA PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v9i1.7392Keywords:
Integrated Marketing Communication, Sosialisasi, Corporate Identity, RebrandingAbstract
Corporate Identity merupakan suatu elemen perusahaan yang harus diketahui oleh khalayak sebagai tanda pengenal yang memungkinkan perusahaan dikenal atau dibedakan dari perusahaan yang lainnya. Dalam hal ini, Indosat telah bertransformasi dengan melakukan rebranding Indosat menjadi Indosat Ooredoo sehingga perlu merancang dan mengorganisasi informasi terkait rebranding melalui sebuah konsep Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam sosialisasi perubahan corporate identity yang dilakukan oleh marketing communication Indosat Ooredoo untuk memberikan kesadaran dan pengetahuan akan merek melalui Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu advertising melalui media above the line (ATL) dan below the line (BTL), direct marketing dan pemasaran interaktif melalui gerai dan mitra outlet, sales promotion melalui promo internet, personal selling melalui penjualan di outlet dan public relations melalui launching, publisitas, gathering dan event.References
A, Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi. Jakarta: Erlangga
Cultip, Scott M, Center. Broom, Glen M. 2009. Effective Public Relations: Edition 9. Jakarta: Kencana
Engel, James F, dkk. 2012. Perilaku Konsumen: Jilid 1. Tangerang: Binarupa Aksara
Kriyantono, Rachmat. 2014. Public Realtions Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Bandung: PT Rosdakarya
Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. 2014. Teori Komunikasi: Edisi 9 Theories of huhman communication. Jakarta: Salemba Humanika
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana
------------ 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana
Soemanagara. 2012. Strategi Marketing Communications: Konsep Strategis dan Terapan.Bandung: Alfabeta
Somad, Rismi dan Priansa, Donni Juni. 2014. Manajemen Komunikasi: Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Bandung: Alfabeta
Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Uchjana, Onong Effendy. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Artikel
plimbi Editor. 2011, 21 November. Sejarah Indosat dan Kisah Dibalik Kesuksesannya. (Online) plimbi.com: http://www.plimbi.com/news/3411/sejarah-indosat, diakses pada 13 Maret 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.