MOTIVASI WARGANET DALAM MENJADI TOP COMMENT DI KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM
Abstract
Instagram merupakan media sosial yang saat ini populer dan memiliki kekuatan
berupa interaktivitas antar penggunanya. Instagram memiliki fitur yang dapat memungkinkan
pembaca untuk dapat terhubung dengan saling memberikan respon atas konten yang ada,
berupa likes dan komentar. Ketika warganet mendapatkan banyak respon, maka urutannya
akan menjadi teratas dan akan disebut sebagai top comment. Walaupun penelitian ini masih
sebatas studi awal (preliminary research), hasilnya akan mengungkap bagaimana motivasi
warganet untuk menjadi seorang top comment di kolom komentar Instagram. Dengan konsep
media enjoyment, teori uses and gratifications, dan metode kuantitatif deskriptif, hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata responden menganggap menjadi seorang top
comment seolah menjadi ajang persaingan baru bagi warganet untuk mendapatkan
popularitas, berupa kepuasan dan pengalaman menyenangkan dalam mengonsumsi media.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar dapat mengkaji lebih dalam mengenai pola
komunikasi dan konteks dari komentar-komentar yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v8i2.7348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id