PENGELOLAAN INSTAGRAM @Humas_Jabar OLEH BAGIAN HUMAS PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • Alfian Romadhoni Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Kokom Komariah Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v6i2.4730

Keywords:

Media sosial, Instagram, The Circular Model of SoMe, Pemerintah, Pemprov Jawa Barat

Abstract

Media sosial merupakan media yang potensial dalam penyebaran informasi.Tujuan penelitian
ini adalah menggambarkan bagiamana pengelolaan media sosial Instagram @Humas_Jabar oleh bagian
hubungan masyarakat Pemprov Jawa Barat yang meliputi proses share, optimize, manage dan engage.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam,
observasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: Humas Jabar pada proses
share menyadari Instagram dapat membuka komunikasi dua arah. Namun, Humas Jabar belum optimal
dalam membangun kepercayaan publik. Pada proses optimize pemantauan perbincangan belum optimal
karena hanya melakukan pengecekan manual. Pada proses manage, media monitoring belum optimal
karena hanya membuat laporan followers dan jumlah posting, quick response belum optimal karena hanya
melakukan pembalasan pada sore hari. Pada proses engage, menentukan brand influencer belum optimal
karena belum menggunakan social media tools. Pada tahap menentukan audiens Humas Jabar belum
tepat karena menetukan audiens terlalu luas.

Downloads

Published

2017-12-20

Issue

Section

Articles