PENGELOLAAN INSTAGRAM @Humas_Jabar OLEH BAGIAN HUMAS PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

Alfian Romadhoni, Hanny Hafiar, Kokom Komariah

Abstract


Media sosial merupakan media yang potensial dalam penyebaran informasi.Tujuan penelitian
ini adalah menggambarkan bagiamana pengelolaan media sosial Instagram @Humas_Jabar oleh bagian
hubungan masyarakat Pemprov Jawa Barat yang meliputi proses share, optimize, manage dan engage.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam,
observasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: Humas Jabar pada proses
share menyadari Instagram dapat membuka komunikasi dua arah. Namun, Humas Jabar belum optimal
dalam membangun kepercayaan publik. Pada proses optimize pemantauan perbincangan belum optimal
karena hanya melakukan pengecekan manual. Pada proses manage, media monitoring belum optimal
karena hanya membuat laporan followers dan jumlah posting, quick response belum optimal karena hanya
melakukan pembalasan pada sore hari. Pada proses engage, menentukan brand influencer belum optimal
karena belum menggunakan social media tools. Pada tahap menentukan audiens Humas Jabar belum
tepat karena menetukan audiens terlalu luas.


Keywords


Media sosial; Instagram; The Circular Model of SoMe; Pemerintah; Pemprov Jawa Barat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id