FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLTIK: ANALISIS MEDIA SIBER FACEBOOK DR. FAIDA, MMR

Kun Wazis

Abstract


Facebook masih menjadi salah satu media sosial (media baru) yang dipilih para penguasa lokal (bupati) untuk menyampaikan pesan-pesan politiknya kepada khalayak di dunia maya. Pilihan terhadap media siber ini karena masih dinilai efektif dalam menyalurkan pesan kepada khalayak dengan segmentasi pecinta pengguna media maya Facebook. Jangkauannya yang luas menjadi alasan agar publik tidak lagi menemui kendala dalam menyampaikan pesan interaktif kepada penguasa.
Alasan efektivitas tersebut dipilih Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR untuk membangun komunikasi politik kepada masyarakat melalui jejaring Facebook. Tampilan Facebook yang disajikan adalah kegiatan resmi pemerintah Kabupaten Jember. Bupati wanita pertama yang memimpin di “Kota Santri” tersebut menjadikan suara pengguna Facebook sebagai salah satu masukan untuk membangun pemerintahan Kabupaten Jember.
Melalui analisis media siber, kajian ini menemukan bahwa komunikasi politik melalui saluran media sosial mendapatkan respons dari masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari dinamika komentar para tokoh maupun elemen masyarakat yang mendukung maupun yang tidak mendukung terhadap kebijakan Bupati Faida tersebut. Kasus yang diteliti ini menunjukkan dukungan masyarakat Facebook terhadap program bupati Jember, meskipun tidak bisa dikatakan merepresentasikan aspirasi seluruh warga Jember.


Keywords


Facebook; Media Siber; Komunikasi Politik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id