PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN
Abstract
Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Citra Perusahaan.
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk strategi PR yang dapat digunakan untuk
membentuk citra positif perusahaan dimata stakeholder, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk melakukan
program CSR sesuai dengan Undang-Undang No. 40 tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
bagaimana PT. CPI dalam mengelola program CSR sehingga mampu membangun citra perusahaan. Metode
penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT
CPI melalui kegiatan Community Development (CD) berupa program pendidikan, kesehatan, pembangunan
infrastuktur, maupun program Local Business Development (LBD) yang ditujukan kepada masyarakat tidak
bertujuan untuk memperoleh keuntungan, melainkan mencari citra positif di mata masyarakat sekitar dan
dunia. Sedangkan program Community Relation (CR) yang memberikan bantuan dalam bentuk bantuan spontan,
seremonial, dan kondisional bertujuan untuk membangun hubungan sosial yang harmonis dengan warga
sebagai perwujudan dari hubungan ke masyarakat.
Kata Kunci: citra perusahaan, program CSR, hubungan sosial
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v2i2.2555
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id