PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v2i2.2555Abstract
Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Citra Perusahaan.
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk strategi PR yang dapat digunakan untuk
membentuk citra positif perusahaan dimata stakeholder, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk melakukan
program CSR sesuai dengan Undang-Undang No. 40 tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
bagaimana PT. CPI dalam mengelola program CSR sehingga mampu membangun citra perusahaan. Metode
penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT
CPI melalui kegiatan Community Development (CD) berupa program pendidikan, kesehatan, pembangunan
infrastuktur, maupun program Local Business Development (LBD) yang ditujukan kepada masyarakat tidak
bertujuan untuk memperoleh keuntungan, melainkan mencari citra positif di mata masyarakat sekitar dan
dunia. Sedangkan program Community Relation (CR) yang memberikan bantuan dalam bentuk bantuan spontan,
seremonial, dan kondisional bertujuan untuk membangun hubungan sosial yang harmonis dengan warga
sebagai perwujudan dari hubungan ke masyarakat.
Kata Kunci: citra perusahaan, program CSR, hubungan sosial
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.