PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v2i2.2555Abstrak
Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Citra Perusahaan.
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk strategi PR yang dapat digunakan untuk
membentuk citra positif perusahaan dimata stakeholder, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk melakukan
program CSR sesuai dengan Undang-Undang No. 40 tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
bagaimana PT. CPI dalam mengelola program CSR sehingga mampu membangun citra perusahaan. Metode
penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT
CPI melalui kegiatan Community Development (CD) berupa program pendidikan, kesehatan, pembangunan
infrastuktur, maupun program Local Business Development (LBD) yang ditujukan kepada masyarakat tidak
bertujuan untuk memperoleh keuntungan, melainkan mencari citra positif di mata masyarakat sekitar dan
dunia. Sedangkan program Community Relation (CR) yang memberikan bantuan dalam bentuk bantuan spontan,
seremonial, dan kondisional bertujuan untuk membangun hubungan sosial yang harmonis dengan warga
sebagai perwujudan dari hubungan ke masyarakat.
Kata Kunci: citra perusahaan, program CSR, hubungan sosial
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.