EFEKTIVITAS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v2i2.2554Abstract
Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas iklanlayanan masyarakat Gas LPG 3 Kg di media televisi Kota Pekanbaru. Variabel yang digunakan
adalah efektivitas iklan, kualitas pesan iklan, daya tarik iklan dan frekuensi penayangan iklan. Penelitian ini
mengambil sampel sebanyak 100 orang responden menggunakan teknik wawancara serta angket kuesioner.
Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu ibu rumah tangga yang pernah melihat iklan
layanan masyarakat Gas LPG 3 Kg di televisi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi
linear berganda dengan bantuan SPSS versi 17. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
deskriptif kuantitatif, analisis secara parsial dan simultan. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan
bahwa uji secara bersama-sama faktor kualitas pesan iklan, daya tarik iklan, dan frekuensi penayangan iklan
memberikan hubungan yang positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan layanan masyarakat Gas LPG 3 Kg
di televisi. Ketika dilakukan uji secara parsil terbukti bahwa dari ketiga variabel (kualitas pesan iklan, daya tarik
iklan dan frekuensi penayangan iklan) terbukti daya tarik iklan berpengaruh paling dominan terhadap efektivitas
iklan layanan masyarakat Gas LPG 3 Kg di televisi.
Kata Kunci: efektivitas iklan, kualitas pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi penayangan iklan
Downloads
Published
2015-01-27
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.