PEMAPARAN PERAN WANITA DALAM IKLAN MAJALAH

Rumyeni ' ', Evawani Elysa Lubis

Abstract


Pemaparan Peran Wanita dalam Iklan Majalah. Studi ini bertujuan untukmenganalisiskategori
produk dan pemaparan tipe kecantikan dan peran pekerjaan wanita yang ditampilkan pada iklan di majalah
Femina dan Kartini, serta perbedaan pemaparan tipe kecantikan dan peran pekerjaan wanitadengan target
produk wanita dan iklan dengan target produk wanita dan pria. Metode yang digunakan pada peneltitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi dengan unit analisisnya mencakup iklan-iklan di
yang model utamanya adalah wanita dewasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada majalah wanita
tersebut produk yang selalu diiklankan adalah kategori produk kosmetik, perawatan kulit dan perawatan
peribadi, karena ini sesuai dengan target audiennya adalah wanita. Sementara itu peran perempuan yang
terpapar pada iklannya berdasarkan jenis kecantikannya adalah sex kitten untuk majalah Kartini dan jenis
kecantikan klasik/feminism pada majalah Femina. Peran pekerjaan yang terpapar adalah peran dekoratif
pada kedua majalah tersebut. Hal ini bermakna wanita selalu digambarkan sebagai obyek hiasan dan kecantikan
adalah yang terpenting bagi wanita.


Kata Kunci: peran pekerjaan, iklan, majalah wanita


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id