PEMAPARAN PERAN WANITA DALAM IKLAN MAJALAH
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v2i2.2551Abstract
Pemaparan Peran Wanita dalam Iklan Majalah. Studi ini bertujuan untukmenganalisiskategori
produk dan pemaparan tipe kecantikan dan peran pekerjaan wanita yang ditampilkan pada iklan di majalah
Femina dan Kartini, serta perbedaan pemaparan tipe kecantikan dan peran pekerjaan wanitadengan target
produk wanita dan iklan dengan target produk wanita dan pria. Metode yang digunakan pada peneltitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi dengan unit analisisnya mencakup iklan-iklan di
yang model utamanya adalah wanita dewasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada majalah wanita
tersebut produk yang selalu diiklankan adalah kategori produk kosmetik, perawatan kulit dan perawatan
peribadi, karena ini sesuai dengan target audiennya adalah wanita. Sementara itu peran perempuan yang
terpapar pada iklannya berdasarkan jenis kecantikannya adalah sex kitten untuk majalah Kartini dan jenis
kecantikan klasik/feminism pada majalah Femina. Peran pekerjaan yang terpapar adalah peran dekoratif
pada kedua majalah tersebut. Hal ini bermakna wanita selalu digambarkan sebagai obyek hiasan dan kecantikan
adalah yang terpenting bagi wanita.
Kata Kunci: peran pekerjaan, iklan, majalah wanita
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.