REPRESENTASI HWANG DO-HEE SEBAGAI PERENCANA STRATEGIS PUBLIC RELATIONS DALAM WEB DRAMA QUEENMAKER
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v13i2.7611Keywords:
perencana strategis, public relations, QueenmakerAbstract
Web drama Queenmaker adalah serial drama Korea yang tayang pada aplikasi Netflix. Web drama Queenmaker mengangkat isu public relations yang berfokus pada perencana strategis yang dilakukan Hwang Do-hee. Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi Hwang Do-hee sebagai perencana strategis public relations dengan menggunakan paradigma kritis. Adapun unit analisis berjumlah 20 unit dengan 11 episode. Teknik analisis menggunakan sistem yang dikembangkan Charles Sanders Peirce yaitu tanda, objek dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan tanda Hwang Do-hee sebagai perencana strategis mengarah pada berbagai kegiatan mempertahankan citra positif baik bagi perusahaan maupun individu. Objek yang direpresentasikan adalah perencanaan Hwang Do-hee untuk pemulihan citra negatif perusahaan dan perencanaan untuk memperkuat kepercayaan publik. Selanjutnya interpretasi yang ditampilkan adalah keberhasilannya sebagai PR profesional yang dapat menangani isu dengan baik. Sehingga disimpulkan bahwa Hwang Do-hee menerapkan perencanaan strategis public relations dari fase fact finding, planning, communicating dan evaluation.
References
Cutlip, S. M., H.Center, A., & Broom, G. M. (2006). Effective Public relations (9th ed.) (9th ed.). Kencana Predana Media Group.
Eriyanto. (2012). Analisis Wacana ; Pengantar Analisis Teks Media. PT. LKis Printing Cemerlang.
Nasrullah, R. (2019). Teori dan Riset Khalayak Media. Simbiosa Rekatama Media.
Nawawi, M. I., Anisa, N., Syah, N. M., Risqul, M., Azisah, A., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama) terhadap Motivasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4439–4447. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1201
Nugraha, A. R., & Aryani, D. P. (2019). Proses Public Relations Dalam Kegiatan Layanan Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (Kekasih Juara) Oleh Seksi Promosi Dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandung. Jurnal Common, 3(1), 52–70. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1021
Nurrahmadani, N., Yuyun, S., & Gay, M. (2021). Pengaruh Drama Korea Terhadap Fashion Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 5(2), 161–169. https://doi.org/10.35329/mitzal.v5i2.1895
Pakaradena, A., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2019). Proses Public Relations Dalam Program Layar Tancap Untuk Semua Oleh Sctv. ProTVF, 2(2), 127. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20817
Permatasari, A. (2017). Analisa konsep perencanaan strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 9(2), 13–17. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/27
Pratama, D. B., Romadhan, M. I., Kusumaningrum, H., Studi, P., & Komunikasi, I. (2023). Implementasi Model Two-Ways Symmetric Wisma Jerman dalam Meningkatkan Pengetahuan Budaya Jerman. Semakom: Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 290–299.
Sobur, A. (2018). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Srihasnita Rc, R., & Setiawan, D. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri. SELODANG MAYANG : Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daetah Kabupaten Indragiri Hilir, 4(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v4i1.85
Wisnu, D. (2018). Populisme, Politik Identitas Dan Erosi Demokrasi Di Abad Ke 21: Refleksi Dari Forum Masyarakat Sipil dan Media Bali 2018 (Populism, Identity Politics and the Erosion of Democracy in the 21st Century: Reflections from the 2018 Bali Civil Society and Media. In Friedrich-Ebert-Stiftung (FES). Friedrich-Ebert-Stiftung (FES). https://library.fes.de/pdf-files/bueros/indonesien/15937.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.