REPRESENTASI HWANG DO-HEE SEBAGAI PERENCANA STRATEGIS PUBLIC RELATIONS DALAM WEB DRAMA QUEENMAKER
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v13i2.7611Kata Kunci:
perencana strategis, public relations, QueenmakerAbstrak
Web drama Queenmaker adalah serial drama Korea yang tayang pada aplikasi Netflix. Web drama Queenmaker mengangkat isu public relations yang berfokus pada perencana strategis yang dilakukan Hwang Do-hee. Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi Hwang Do-hee sebagai perencana strategis public relations dengan menggunakan paradigma kritis. Adapun unit analisis berjumlah 20 unit dengan 11 episode. Teknik analisis menggunakan sistem yang dikembangkan Charles Sanders Peirce yaitu tanda, objek dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan tanda Hwang Do-hee sebagai perencana strategis mengarah pada berbagai kegiatan mempertahankan citra positif baik bagi perusahaan maupun individu. Objek yang direpresentasikan adalah perencanaan Hwang Do-hee untuk pemulihan citra negatif perusahaan dan perencanaan untuk memperkuat kepercayaan publik. Selanjutnya interpretasi yang ditampilkan adalah keberhasilannya sebagai PR profesional yang dapat menangani isu dengan baik. Sehingga disimpulkan bahwa Hwang Do-hee menerapkan perencanaan strategis public relations dari fase fact finding, planning, communicating dan evaluation.
Referensi
Cutlip, S. M., H.Center, A., & Broom, G. M. (2006). Effective Public relations (9th ed.) (9th ed.). Kencana Predana Media Group.
Eriyanto. (2012). Analisis Wacana ; Pengantar Analisis Teks Media. PT. LKis Printing Cemerlang.
Nasrullah, R. (2019). Teori dan Riset Khalayak Media. Simbiosa Rekatama Media.
Nawawi, M. I., Anisa, N., Syah, N. M., Risqul, M., Azisah, A., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama) terhadap Motivasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4439–4447. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1201
Nugraha, A. R., & Aryani, D. P. (2019). Proses Public Relations Dalam Kegiatan Layanan Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (Kekasih Juara) Oleh Seksi Promosi Dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandung. Jurnal Common, 3(1), 52–70. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1021
Nurrahmadani, N., Yuyun, S., & Gay, M. (2021). Pengaruh Drama Korea Terhadap Fashion Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 5(2), 161–169. https://doi.org/10.35329/mitzal.v5i2.1895
Pakaradena, A., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2019). Proses Public Relations Dalam Program Layar Tancap Untuk Semua Oleh Sctv. ProTVF, 2(2), 127. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20817
Permatasari, A. (2017). Analisa konsep perencanaan strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 9(2), 13–17. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/27
Pratama, D. B., Romadhan, M. I., Kusumaningrum, H., Studi, P., & Komunikasi, I. (2023). Implementasi Model Two-Ways Symmetric Wisma Jerman dalam Meningkatkan Pengetahuan Budaya Jerman. Semakom: Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 290–299.
Sobur, A. (2018). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Srihasnita Rc, R., & Setiawan, D. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri. SELODANG MAYANG : Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daetah Kabupaten Indragiri Hilir, 4(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v4i1.85
Wisnu, D. (2018). Populisme, Politik Identitas Dan Erosi Demokrasi Di Abad Ke 21: Refleksi Dari Forum Masyarakat Sipil dan Media Bali 2018 (Populism, Identity Politics and the Erosion of Democracy in the 21st Century: Reflections from the 2018 Bali Civil Society and Media. In Friedrich-Ebert-Stiftung (FES). Friedrich-Ebert-Stiftung (FES). https://library.fes.de/pdf-files/bueros/indonesien/15937.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.