REPRESENTASI HWANG DO-HEE SEBAGAI PERENCANA STRATEGIS PUBLIC RELATIONS DALAM WEB DRAMA QUEENMAKER

Authors

  • Helda Herawati Universitas Riau
  • Noor Efni Salam Universitas riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v13i2.7611

Keywords:

perencana strategis, public relations, Queenmaker

Abstract

Web drama Queenmaker adalah serial drama Korea yang tayang pada aplikasi Netflix. Web drama Queenmaker mengangkat isu public relations yang berfokus pada perencana strategis yang dilakukan Hwang Do-hee. Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi Hwang Do-hee sebagai perencana strategis public relations dengan menggunakan paradigma kritis. Adapun unit analisis berjumlah 20 unit dengan 11 episode. Teknik analisis menggunakan sistem yang dikembangkan Charles Sanders Peirce yaitu tanda, objek dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan tanda Hwang Do-hee sebagai perencana strategis mengarah pada berbagai kegiatan mempertahankan citra positif baik bagi perusahaan maupun individu. Objek yang direpresentasikan adalah perencanaan Hwang Do-hee untuk pemulihan citra negatif perusahaan dan perencanaan untuk memperkuat kepercayaan publik. Selanjutnya interpretasi yang ditampilkan adalah keberhasilannya sebagai PR profesional yang dapat menangani isu dengan baik. Sehingga disimpulkan bahwa Hwang Do-hee menerapkan perencanaan strategis public relations dari fase fact finding, planning, communicating dan evaluation.

References

Cutlip, S. M., H.Center, A., & Broom, G. M. (2006). Effective Public relations (9th ed.) (9th ed.). Kencana Predana Media Group.

Eriyanto. (2012). Analisis Wacana ; Pengantar Analisis Teks Media. PT. LKis Printing Cemerlang.

Nasrullah, R. (2019). Teori dan Riset Khalayak Media. Simbiosa Rekatama Media.

Nawawi, M. I., Anisa, N., Syah, N. M., Risqul, M., Azisah, A., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama) terhadap Motivasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4439–4447. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1201

Nugraha, A. R., & Aryani, D. P. (2019). Proses Public Relations Dalam Kegiatan Layanan Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (Kekasih Juara) Oleh Seksi Promosi Dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bandung. Jurnal Common, 3(1), 52–70. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1021

Nurrahmadani, N., Yuyun, S., & Gay, M. (2021). Pengaruh Drama Korea Terhadap Fashion Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 5(2), 161–169. https://doi.org/10.35329/mitzal.v5i2.1895

Pakaradena, A., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2019). Proses Public Relations Dalam Program Layar Tancap Untuk Semua Oleh Sctv. ProTVF, 2(2), 127. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20817

Permatasari, A. (2017). Analisa konsep perencanaan strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 9(2), 13–17. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/27

Pratama, D. B., Romadhan, M. I., Kusumaningrum, H., Studi, P., & Komunikasi, I. (2023). Implementasi Model Two-Ways Symmetric Wisma Jerman dalam Meningkatkan Pengetahuan Budaya Jerman. Semakom: Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 290–299.

Sobur, A. (2018). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Srihasnita Rc, R., & Setiawan, D. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri. SELODANG MAYANG : Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daetah Kabupaten Indragiri Hilir, 4(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v4i1.85

Wisnu, D. (2018). Populisme, Politik Identitas Dan Erosi Demokrasi Di Abad Ke 21: Refleksi Dari Forum Masyarakat Sipil dan Media Bali 2018 (Populism, Identity Politics and the Erosion of Democracy in the 21st Century: Reflections from the 2018 Bali Civil Society and Media. In Friedrich-Ebert-Stiftung (FES). Friedrich-Ebert-Stiftung (FES). https://library.fes.de/pdf-files/bueros/indonesien/15937.pdf

Published

2025-05-30