KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL E-LEARNING ‘KOREAN CLASS FOR BEGINNER’ PADA BIMBINGAN KHUSUS BAHASA KOREA NOONBIT ACADEMY

Authors

  • Annisa Dhyta Aulia Riau University
  • Rusmadi Awza Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v13i2.7588

Keywords:

Bahasa Korea, E-Learning, Instruksional.

Abstract

Korean Wave yang meningkat telah menarik remaja Indonesia untuk belajar bahasa Korea melalui K-Pop dan K-Drama. Noonbit Academy menawarkan kelas bahasa Korea bagi pemula yang sangat diminati. Penelitian ini menganalisis komunikasi instruksional dalam pengajaran ‘Korean Class for Beginner’ di Noonbit Academy secara daring. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 5 informan yang dipilih secara purposive. Analisis data dilakukan dengan metode interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan berbagai metode komunikasi instruksional seperti demonstrasi, belajar mandiri, tanya jawab, pekerjaan rumah, dan studi kasus. Media yang digunakan adalah Zoom dan Whatsapp, dengan Zoom mendukung interaksi langsung dan fitur-fitur pendukung pengajaran. Hambatan komunikasi instruksional meliputi kesulitan guru dalam mengatasi kurangnya partisipasi murid, gangguan jaringan internet, dan perbedaan bahasa serta pengalaman di antara murid. Kesimpulannya, meskipun terdapat hambatan, berbagai metode dan media yang digunakan dapat mendukung proses pembelajaran bahasa Korea secara daring.

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

AP, Agus. (2020). Peranan Media Daring dalam Pembelajaran Jarak Jauh . Retrieved January 10, 2024, from Radar Semarang website: https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721373962/peranan-media-daring-dalam-pembelajaran-jarak-jauh

Damayanti, Elycia Monica. (2022). Pengaruh Komunikasi Instruksional Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Belajar (Studi Pada Mata Kuliah Program Radio Telkom University). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 116–130. https://doi.org/10.35326/medialog.v5i1.1349

Ina Magdalena, Firdaus, Clarysya Cahya, Roshalia, Dea Rahma, & Habibah, Siti Ummu. (2020). Pelaksanaan Model Instruksional E-Learning pada Era Covid-19 di SD Negeri Bugel 1. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 440–450. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1019

Mekarisce, Arnild Augina. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Sirajuddin Saleh. (2017). Analisis Data Kualitatif (1st ed.; Hamzah Upu, Ed.). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Suriani, Julis. (2019). Komunikasi Instruksional Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Di SMP Islam Ashofa Pekanbaru). Idarotuna, 2(1).

Suryaningsih, Sarah, Yuningsih, & Wikusna, Wawa. (2017). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Korea Untuk Umum Berbasis Android. E-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.3 Desember 2017, 3(3), 1525–1533.

Waldeck, Jennifer H., Kearney, Patricia, & Plax, Timothy G. (2012). Instructional Communication: Theory and Practice.

Published

2025-05-30