STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND ZIVAA BEAUTY DI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK PADA FOLLOWERS

Destino Reza Ferry Ardhana, Nuryati Samatan, Siti Masitoh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran brand Zivaa Beauty di Instagram meningkatkan brand image pada follower. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif, dimana perolehan data diperoleh dari pengamatan langsung terhadap beberapa konsumen dan pemilik Zivaabeauty dengan melakukan wawancara kemudian menganalisis perolehan data tersebut dan kemudian menarik kesimpulan dari pengamatan tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh brand zivaa beauty untuk meningkatkan brand image-nya adalah dengan melibatkan kerjasama influencer, paket diskon, pemberian sampel gratis dan beberapa promosi promosi lainnya. Selain mempromosikan produknya, brand Zivaa juga melakukan promosi di market place seperti di shopee, lazada, tokopedia, bukalapak dan membuka agen reseller resmi.

Keywords


Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Marketing, dan Bramd Zivaa Beauty

References


Arikunto, s. (1998). Pendekatan penelitian.

Bilson, simamora. (2011). Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif dan profitabel. Jakarta: Pt. Gramedia pustaka utama.candrawardhani,

Cynthia. (2021). Pengertian komunikasi pemasaran, tujuan, fungsi dan strateginya. Retrieved march 3, 2023, from accurate.id website:

Damayanti, s., chan, a., & barkah, c. S. A. (2021). Pengaruh social media marketing terhadap brand image my pangandaran tour and travel. Jurnal ilmu manajemen, 9(3), 852-862.

Fandy, tjiptono. (2011). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.

Febriani, m. (2014). Strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image pada media sosial twitter@ pekanbaruco. Jurnal online mahasiswa (jom) bidang ilmu sosial dan ilmu politik, 1(2), 1-15.

Feni, m. (2021). Mengungkap dampak covid-19 pada umkm sektor kuliner (studi kasus: Umkm kuliner di wilayah rawamangun) (doctoral dissertation, sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia jakarta).

Hadi, m. S. (2022). Pembelajaran fathul qorib berbasis masalah melalui forum syawir (musyawarah) di pondok pesantren denanyar jombang. Risâlah: Jurnal pendidikan dan studi islam, 8(2), 473-489.

Hakim, abdul. (2020). Strategi komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis di kota malang (studi kasus pada bisnis pemain dan pecinta sepak bola). Jip: Jurnal inovasi penelitian, 1(7), 1449–1458.

Hasim, h., & apriliani, p. (2021). Strategi komunikasi pemasaran scoop dan skoop dalam membangun brand image. Jurnal indonesia sosial teknologi, 2(01), 62- 71.

Hasim, h., & apriliani, p. (2021). Strategi komunikasi pemasaran scoop dan skoop dalam membangun brand image. Jurnal indonesia sosial teknologi, 2(01), 62-71.

Herdayati, s. P., pd, s., & syahrial, s. T. (2019). Desain penelitian dan teknik pengumpulan data dalam penelitian. Issn 2502-3632 issn 2356-0304 j. Online int. Nas. Vol. 7 no. 1, januari–juni 2019 univ. 17 agustus 1945 jakarta, 53(9), 1689-1699.

Jefkins, franks. (2004). Public relations. Jakarta: Pt. Gelors aksara pertama erlangga.

Kerenhapukh, g. (2022). Strategi komunikasi pemasaran produk@ camille beauty melalui media instagram dalam membangun brand awareness (doctoral dissertation).

Kotler Philip (1997). Marketing Management, (Jakarta: Prenhallindo)

Kotler, k. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, & keller. (2012). Manajemen pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, philip, & keller. (2007). Manajemen pemasaran. Vol. I (12th ed.). Jakarta: Pt indeks.

Moleong, l. J., & edisi, p. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit remaja rosdakarya.

Mufiddah, a. (2019). Pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran (studi kasus owner online shop by_kk) (doctoral dissertation, iain ponorogo).

Mukhtazar, m. P. (2020). Prosedur penelitian pendidikan. Absolute media.

Mulitawati, i. M., & retnasary, m. (2020). Strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image melalui sosial media instagram (studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram@ ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal pengembangan ilmu komunikasi dan sosial, 4(1), 23-38.

Nanda, c. S. (2022). Analisis marketing communication dalam membangun brand image melalui sosial media instagram (studi kasus pada kopiria samarinda). Jurnal administrasi bisnis fisipol unmul, 10(2), 166-180.

Nasrullah, rulli. (2015). Media sosial perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa rekatama media.

Rahman, i. A., & panuju, r. (2017). Strategi komunikasi pemasaran produk fair n pink melalui media sosial instagram. Wacana: Jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 16(2), 214-224.

Ridha, n. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Ruslan, rosady. (2007). Kiat dan strategi kampanye public relations. Jakarta: Pt raja grafindo persada.

Saifuddin, a. (2022). “beli kopi” Membangun brand image melalui strategi komunikasi pemasaran. Relasi: Jurnal penelitian komunikasi (e-issn: 28076818), 2(01), 1- 8.

Samatan, Nuriyati. 2018. “Riset Komunikasi II “. Jakarta : Penerbit Gunadarma.

Shirley. (2022). Pengertian komunikasi pemasaran, tujuan, peran, dan contohnya. Retrieved march 3, 2023, from kitalulus website

Suyatno, a., & muhtarom, m. (2020). Strategi komunikasi pemasaran melalui media instagram (studi kasus navia_kebab) marketing communication strategy through instagram media (case study navia_kebab). Prosiding hubisintek, 1, 9- 9.

Thalib, m. A. (2022). Pelatihan analisis data model miles dan huberman untuk riset akuntansi budaya. Madani: Jurnal pengabdian ilmiah, 5(1), 23-33.

Wainira, m. A., liliweri, y. K., & mandaru, s. S. (2021). Pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran dalam membangun brand image. Jurnal communio: Jurnal jurusan ilmu komunikasi, 10(2), 138-148.

Widiastuti, e. J., & indriastuti, y. (2022). Strategi komunikasi pemasaran digital@ right. Store melalui pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran. Jurnal representamen, 8(1), 73-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v13i1.7561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id