STRATEGI KOMUNIKASI PT. SUMATRA SATU MEDIA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PENGGUNA JASA EVENT ORGANIZER
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v13i1.7544Abstrak
Fenomena yang terjadi didalam persaingan antar event organizer ialah peningkatan jumlah pengguna jasa event organizer yang semakin meningkat dan persaingan semakin ketat, selain itu persaingan pun mencangkup dari persaingan persoalan harga dan konsep yang semakin ketat. Event organizer merupakan sebuah organisasi profesional yang didalamnya terdapat orang orang yang bisa menyelenggarakan sebuah pertunjukkan yang dimana banyak terdapat pembagian tugas disetiap anggota yang mengacu tujuan yang sama. Hasil dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan PT.Sumatra satu media dengan menggunakan 3 identifikasi masalah, perumusan strategi, memastikan seluruh perumusan strategi terstruktur dan terencana sesuai dengan hasil didalam perumusan strategi dengan melibatkan seluruh karyawan untuk menghasilkan perumusan yang baik. Penelitian ini dilakukan di PT.Sumatra satu media untuk mengetahui startegi komunikasi dalam mempertahankan loyalitas pengguna jasa event organizer. Dalam penelitian ini teknik pengambilan subjek dengan menggunakan purposive sampling yang telah ditentukan kriterianya dalam penelitian ini. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ada, strategi komunikasi, kepuasan konsumen, perusahaan jasa, event organizer, dan kepuasan organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang relevan peneliti telah melakukan wawancara terhadap 7 orang subjek dan juga telah melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu, wawavara, observasi, dokumentasi, selain itu pula penelitian ini menggunakan teknik analisis data model milss and huberman.
Kata Kunci: Event Organizer, Strategi Komunikasi, PT Sumatra Satu Media
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
- Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini .
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.