PENGARUH PROMOSI DAN TERPAAN IKLAN SHOPEE DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @SHOPEE_ID
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Terpaan Iklan di Akun Instagram Shopee terhadap Minat Beli pada Followers Instagram @shopee_id. Dalam penelitian ini, pembahasan Pengaruh Promosi dan Terpaan Iklan di Akun Instagram Shopee terhadap Minat Beli pada Followers Instagram @shopee_id, peneliti menggunakan Teori S-O-R yang merupakan singkatan stimulus-organism-response. Penelitian ini menggunakan riset kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya, penelitian ini menyebarkan kuisioner online dan menyebarkan ke seluruh followers shopee sebanyak 400 responden. Hasil menunjukkan bahwa uji koefisien determinasi Angka R Square adalah 0,394 yang artinya variabel Promosi di Akun Instagram @shopee_id (X1) dan Terpaan Iklan di Akun Instagram @shopee_id (X2) memiliki pengaruh terhadap Minat Beli pada Followers Instagram @shopee_id sebesar 39,4%. Sedangkan sisanya 60,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di penelitian ini. Pengaruh Promosi dan Terpaan Iklan di Akun Instagram Shopee berpengaruh terhadap Minat Beli pada Followers Instagram @shopee_id.
Kata Kunci : Promosi, Brand Image, Terpaan Iklan, Minat Beli
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abzari, Ghassemi, Vosta. 2014, “Analysing the effect of social media on brand attitude and purchaseintention: the case of Iran Khodro company Procedia - Social and Behavioral Sciences”. 143 ( 2014 ) 822 – 82
Adi, Bangun Wibowo, 2015. “Pengaruh Suasana Toko, Promosi, dan Lokasi Terhadap Minat Beli di Planet Distro Kota Banjarmasin”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012. “Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa”. Intidayu Press. Jakarta.
Agustine Ferdinand. 2016. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Undip.
Alexander, Morissan, 2007. Periklanan Komunikasi Terpadu, Ramdina Prakasa, Jakarta
Alfan, Muhammad. 2013. Pengantar Filsafat Nilai. Bandung: Pustaka Setia.
Alfatris, Tika Dian. 2012. “Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Minat Beli K-Pop (Korean Pop) Album dengan Sistem Pre Order secara Online (Studi Pada Online Shop Kordo Day Shop (CORP) Semarang)”. Jurnal.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbitb Prenhalindo
Andriyano, Yaufi, dan Diana Rahmawati. 2016. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Rekening Ponsel (Studi Kasus Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Profita 2(1): 1–16.
Arfianti, Dita. 2011. “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah (Studi pada satuan kerja perangkat daerah di kabupaten batang)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :
Armstrong, Gery dan Philip Kotler. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.
A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
Avita, Resty, 2013, “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran MCdonald’s Manado”. Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174, Vol.1 No.4 Desember 2013, Universitas Sam Ratulangi Manado. 2013.
Babin, 2011. Menjelajahi Riset Pemasaran. Jakarta: Selemba Empat.
Bao, J., et al. (2016). “Relevance of airport accessibility and airport competition”. Journal of Air Transport Management, 55, 52-60.
Bastian, D.A. (2014). Analisa Pegaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 2, No. 1, 1-9.
Bayu Prawira Ni Nyoman Kerti Yasa, 2013, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar, Jurnal Ekonomi dan Bisinis”. Universitas Udayana, Bali Indonesia.
Bimo Walgito. (1997). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Davidson, William. R., et, al., 1998, Retailing Management, Sixth Edition, John Willey & Sons, New York.
David, L. Loudon dan Albert J. Della Bitta. (1998). Consumer Behavior. Third Edition. McGraw-Hill Book Company, New York.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Riketa Cipta
Effendy, Onong Uchjana. 2000, Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. 2017. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. 2017. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Etzel, M. J., Walker, B. J. and Stanton, W. J. (2001). Marketing. McGraw Hill, New York.
Faisal Amri. 2009. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja SistemInformasi Akuntansi (Studi Kasus Pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia)”. Skripsi Sarjana tak diterbitkan, Universitas Sumatera Utara Medan.
Fandy Tjiptono. 2005. Brand Management and strategy. Edisi Pertama. Andi: Yogyakarta.
Fernaldi, Richie. 2016. “Perumusan Added Value Dalam Konsep Bisnis Coffeein Melalui Pendekatan Blue Ocean Strategy”. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1 Nomor 1.
Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.
Hovland, Carl I., Irving K. Janis, and Harold H., Kelley (1953),Communication and Persuasion, New Haven, CT: Yale University Press.
Hutami Permita Sari dan Penny Rahmawaty., M.Si. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY)”. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol.5, No.3, hal.222-237.
Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka.
Kemp, Simon. 2022. Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia. Diakses pada 26 Maret 2022.
Kenneth J. Laudon, Jane P. Laudon. (1998). Sistem Informasi Manajemen: The Digital Firm, International Edotion.New Jersey: Pentise Hall International
Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong.2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Morissan. 2007. Periklanan : Komunikasi pemasaran terpadu. Tangerang: PTRamdina Prakarsa.
Mulyana, Deddy . 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar . Bandung : PT Remaja Rodaskarya .
Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Depok. Universitas Indonesia(UIPress).
Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan: Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Prawira, Purwo Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Reichheld, F.F., Schefter, P. (2000). E-Loyalty. Harvard Business Review, Vol.78 No. 4. Rineka Cipta.
Reichheld, F.F. and Schefter, P. 2000. “E-Loyalty: Your Secret Weapon on the Web”. Harvard Business Review, 78, 105-113.
Respati, Sheila. 2020. Survey KIC: Selama Pandemi, Shopee Sumbang Omzet Terbesar untuk UMKM. https://www.kompas.com/parapuan/read/532681056/survei-kic-selama-pandemi-shopee-sumbang-omzet-terbesar-untuk-umkm Diakses pada 30 Maret 2022.
Riyadi, Slamet. 2000. “Motivasi dan Pelimpahan Wewenang sebagai Variabel Moderating dalam Rubungan Antara Partisipasi Penyusunan Anggaran dan Kinerja Manajeria”l. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol 3. No. 2: 134-150.
Schiffman dan Kanuk, Amelia. 2004. “Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol. 1, No. 2.
Septyanto, Daning Wahyu, 2018, “Pengaruh Promosi Vans Di Indonesia Terhadap Pembentukan Brand Image (Survei Terhadap Followers Instagram Vans Indonesia)”. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.
Stanton, William, (1996), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Kedua, Edisi Ketujuh, Erlangga : Jakarta
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sulistyari, Ikanita Novirina, 2012, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflamme (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang)”. Diponegoro Journal of Management, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012.
Ulfa, Hanif Nadiah. 2014. “Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Hijab (Studi Kasus pada Toko Fidza Collection di Desa Mayangkawis Kec. Balen Bojonegoro”. Skripsi, Semarang.
Uma Sekaran, 2006. Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Umi Narimawati. 2007. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media.
Veronika, 2016. “Pengaruh Iklan dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen, Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi(Kasus Konsumen Shampoo Dove di Pusat Perbelanjaan Gardena Department Store& SupermarketYogyakarta).” Skripsi.Universitas Sanata Dharma.
Wibisaputra, Aditzya. 2011. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang)”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Wisnu Setiaji, Bernardinus.2016. “Analisis Pengaruh Harga, Desain dan Limited Edition Produk t-shirt Terhadap Minat Beli(Studi Kasus Pada Konsumen T-Shirts Dreambirds di Media Sosial Facebook)”. Skripsi.Universitas Sanata Dharma.
Wisstiani, Febby .2014. “Pengaruh Persepsi Harga, Efektivitas Iklan Internet dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online Zalora”. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Zikmund, W. G., & Babin, B. J. (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran. Salemba Empat, Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v12i1.7498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id